PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN KAJIAN KEISLAMAN TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO

DEWI ANGRAHINI, NIM. 14410106 (2018) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN KAJIAN KEISLAMAN TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN KAJIAN KEISLAMAN TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO)
14410106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN KAJIAN KEISLAMAN TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO)
14410106_BAB-II_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

DEWI ANGRAHINI. Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Kajian Keislaman pengamalan ibadah siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pengasih. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Berdasarkan penelitian ini siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan secara tidak langsung akan memengaruhi pengamalan ibadah siswa . Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah seberapa tingkat keaktifan siswa, seberapa tingkat prestasi siswa dan adakah pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan kajian keislaman terhadap pengamalan ibadah pendidikan agama islama siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pengasih . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar SMK Negeri 1 Pengasih. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan product moment dengan jumlah responden sebanyak 50 siswa yang merupakan penelitian populasi. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS tipe 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan kajian keislaman berada pada kategori cukup. (2) Tingkat pengamalan ibadah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pengasih berada pada kategori cukup. (3)Berdasarkan tabel intrepretasi nilai r, korelasi rxy 0,613 terletak pada rentang nilai r 0.60-0.799 maka dapat disimpulkan tingkat pengaruh variabel keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan kajian keislaman (X) pengamalan ibadah siswa(Y) adalah tinggi. Pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap pengamalan ibadah siswa, sebesar 37,6 % dan 62,4% merupakan faktor lain yang dapat memengaruhi pengamalan ibadah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Hj. Marhumah
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Siswa, Pengamalan ibadah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Dec 2018 10:17
Last Modified: 07 Dec 2018 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum