PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA (STUDI KASUS PADA ANAK AUTISME DI KELAS IV)

ARFIDA ULFA, NIM. 1620420036 (2018) PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA (STUDI KASUS PADA ANAK AUTISME DI KELAS IV). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA (STUDI KASUS PADA ANAK AUTISME DI KELAS IV))
1620420036_BAB-I_IV ATAU V_ DAFTAR PUSTAKA_ CV.pdf - Published Version

Download (39MB) | Preview
[img] Text (PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA (STUDI KASUS PADA ANAK AUTISME DI KELAS IV))
1620420036_ BAB II-sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penilaian hasil belajar anak berkebutuhan khusus yang mengikuti kurikulum yang digunakan pada sekolah tersebut dalam melakukan penilaian hasil belajar, sehingga harus adanya modifikasi yang fleksibel dalam melakukan penilaian namun adanya sebagian sekolaha reguler yang menerima anak berkebutuhan khusus, mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian hasil belajar. Pada SD INTIS School Yogyakarta yang sudah memiliki surat keputusan dari dinas kota setempat, bahwa SD INTIS School Yogyakarta merupakan pendidikan inklusif, sehingga sudah selayaknya SD INTIS School Yogyakarta mempunyai cara dalam melakukan penilaian hasil belajar anak berkebutuhan khusus. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yang pertama bagaimana perencanaan penilaian hasil belajar IPA anak berkebutuhan khusus pada pendidikan inklusfi di SD INTIS School Yogyakarta, kedua bagaimana pelaksanaan penilaian hasil belajar IPA anak berkebutuhan khusus pada pendidikan inklusif di SD INTIS School Yogyakarta. Ketiga bagaimana hasil penilaian hasil belajar IPA anak berkebutuhan khusus pada pendidikan inklusif di SD INTIS School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriftif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah educator L4 Zaid bin Arqom dan educator L4 Zaid bin Haritsah, educator pendamping (shadow), Kepala Sekolah SD INTIS School Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman, teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama perencanaan penilaian hasil belajar IPA anak berkebutuhan khusus pada pendidikan inklusif di SD INTIS School Yogyakarta yaitu dimulai dari pembuatan RPP, dimana RPP reguler dengan inklusif itu terdapat kolom yang berbeda pada kolom inklusif adanya penyederhanaan pada kata kerjanya, kemudian KKM yang digunakan anak reguler dengan inklusif itu sama hanya saja terletak perbedaan pada pedoman penskorannya. Untuk jumlah soal, instrumen dan teknik penilaian anak berkebutuhan khusus dengan anak reguler itu disamakan. Kedua pelaksanaan penilaian hasil belajar IPA anak berkebutuhan khusus pada pendidikan inklusif di SD INTIS School Yogyakarta yaitu dengan mengacu pada instrumen yang telah dikembangkan, hanya saja pada anak berkebutuhan khusus memperoleh perhatian lebih dan adanya bimbingan bantuan oleh educator dalam mengerjakan tugas. Ketiga hasil penilaian hasil belajar IPA anak berkebutuhan khusus pada pendidikan inklusif di SD INTIS School Yogyakarta yaitu 80 dan 75 pada aspek pengetahuan. Untuk aspek sikap menggunakan jurnal dan dilaporkan pada akhir semester pada aspek keterampilan menggunakan proyek, praktek dan produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Penilaian Hasil Belajar IPA, Anak berkebutuhan Khusus, Autisme, Pendidikan Inklusif
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Dec 2018 09:59
Last Modified: 11 Dec 2018 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum