ANALISIS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM ZIKIR SULUK UNTUK MENINGKATKAN KETENANGAN JIWA PREMAN (STUDI TAREKAT NAQSABANDIYAH DESA SUKADATANG)

EKO CARLES, NIM: 1520310118 (2018) ANALISIS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM ZIKIR SULUK UNTUK MENINGKATKAN KETENANGAN JIWA PREMAN (STUDI TAREKAT NAQSABANDIYAH DESA SUKADATANG). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM ZIKIR SULUK UNTUK MENINGKATKAN KETENANGAN JIWA PREMAN (STUDI TAREKAT NAQSABANDIYAH DESA SUKADATANG))
111220090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM ZIKIR SULUK UNTUK MENINGKATKAN KETENANGAN JIWA PREMAN (STUDI TAREKAT NAQSABANDIYAH DESA SUKADATANG))
11140025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kemajuan zaman tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia, kehidupan di era moderen banyak menimbulkan kecemasan serta ketegangan jiwa. Semakin maju suatu masyarakat, semakin banyak pula yang harus diketahui, banyak pula persaingan, perebutan kekuasaan, kesempatan serta keuntungan, disebabkan kebutuhan manusia yang semakin meningkat. Sehingga menyebabkan kesulitan sebagian individu untuk meraih ketenangan dalam hidupnya. Kondisi seperti ini memerlukan sebuah solusi agar setiap individu dapat meraih kebahagiaan dalam hidupnya. Dzikir suluk dengan metode yang diterapkan ternyata dapat dijadikan sebuah solusi untuk persoalan yang ada, yang bertujuan meningkatkan ketenangan jiwa pada setiap individu sehingga meraih kebahagiaan dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan ingin mendeskripsikan dzikir suluk tarekat Naqsabandiyah di desa Sukadatang Kabupaten Rejang Lebong ditinjau dari Bimbingan dan Konseling Islam serta melihat hasil penerapan metode dzikir suluk tarekat Naqsabandiyah Sukadatang dalam meningkatkan ketenangan jiwa preman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode Wawancara, Observasi serta Dokumentasi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah ketua, guru atau mursyid, serta beerapa jamah tarekat naqsabandiyah. Hasil penelitian ini dapat penulis simpulkan bahwa dzikir suluk tarekat Naqsabandiyah desa Sukadatang telah melaksanakan hakekat, tujuan, prinsip konselor, metode dan teknik serta fungsi dari Bimbingan dan Konseling Islam. Kemudian metode dzikir suluk yang diterapkan dalam meraih ketenangan jiwa bagi preman dengan menggunakan metode dzikir suluk mulai dari mandi taubat, bai‟at kemudian dilanjutkan dzikir Ismu Dzat, dzikir Lathifatul Qalbi, dzikir Lathtifatul Ruh, dzikir Lathifatul Sirr, dzikir Lathifatul Khafi, dzikir Lathifatul Akhfa, dzikir Natiqa, dzikir Kullu Jasad, dzikir Nafi Isbat. Metode dzikir tersebut ternyata mampu membantu meningkatkan ketenangan jiwa bagi para individu yang merasa gelisah atau hilangnya ketenagan dalam dirinya. Kata Kunci : Bimbingan Konseling Islam dalam Dzikir Suluk Meningkatkan Ketenagan Jiwa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sriharini, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam dalam Dzikir Suluk Meningkatkan Ketenagan Jiwa.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2018 08:37
Last Modified: 21 Dec 2018 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31979

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum