LAYANAN BIMBINGAN KARIR KERJABILITAS DALAM PENGEMBANGAN KARIR DIFABEL DI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) SAUJANA YOGYAKARTA

SYAFRIANTO TAMBUNAN, NIM: 1620310072 (2018) LAYANAN BIMBINGAN KARIR KERJABILITAS DALAM PENGEMBANGAN KARIR DIFABEL DI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) SAUJANA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN KARIR KERJABILITAS DALAM PENGEMBANGAN KARIR DIFABEL DI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) SAUJANA YOGYAKARTA)
1620310072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN KARIR KERJABILITAS DALAM PENGEMBANGAN KARIR DIFABEL DI LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) SAUJANA YOGYAKARTA)
1620310072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Syafrianto Tambunan, Layanan Bimbingan Karir Kerjabilitas Dalam Pengembangan Karir Difabel di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Saujana Yogyakarta. Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam. Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies UIN Sunan Kalijaga 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi kegelisahan akademik berdasarkan penelusuran secara teoritis dan secara empirik bahwa ada kesenjangan di masyarakat, orang dengan kebutuhan khusus cenderung dianaktirikan. Masalah pokok dan fokus penelitian dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan karir difabel belum marak digalakkan atau belum ada yang meneliti oleh para kalangan akademisi dan praktisi, hingga sampai saat ini lebih difokuskan dalam ruang lingkup formal. Selanjutnya ada korelasi antara teknologi dan praktik konseling di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Saujana Yogyakarta yang mengembangkan program kerjabilitas, sebuah program job matching berbasis daring yang mengkombinasikan portal lowongan kerja dan penempatan kerja bagi difabel. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap secara teoritis dan empiris layanan bimbingan karir kerjabilitas dalam pengembangan karir difabel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 4 orang yang bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Saujana dan 3 orang difabel, teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sejak awal penelitian dan selama proses penelitian dilaksanakan, dengan menggunakan triangulasi data, dan auditing atau penelusuran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan karir kerjabilitas yang dilakukan di lembaga swadaya masyarakat Saujana Yogyakarta melalui beberapa tahapan ialah sebagai berikut: Pertama. Layanan bimbingan karir melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ada 2 layanan inti dalam layanan bimbingan karir kerjabilitas, 1. Layanan job matching disetting untuk memanfaatkan teknologi sebagai sumber kekuatan dalam pengembangan karir difabel. 2. Pelatihan karir dilaksanakan secara face to face dan kelompok. Kedua. Hasil pelaksanaan layanan bimbingan karir kerjabilitas membentuk konsep diri difabel yang sudah memiliki dampak positif dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Difabel mengalami perubahan diri dan pemahaman tentang dunia kerja yang pada awalnya takut mencari kerja menjadi berani dan terbuka untuk mencari kerja. Ketiga. Adapun faktor pendukung dan penghambat layanan bimbingan kerjabilitas dalam pengembangan karir difabel diantaranya faktor pendukung terdiri dari akses web Apps kerjabilitas mudah, difabel adalah survival sejati dan penyelesai masalah, kerja sama dengan Wikimedia, ICT Watch, AJI Indonesia, Google, dan Microsoft, tim saujana. Faktor penghambat terdiri dari kesediaan diri penyedia kerja bagi difabel belum terbuka, masih sedikit perusahaan yang menyediakan lapangan kerja bagi difabel. Kata Kunci: Bimbingan Karir, Kerjabilitas, Difabel

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, Kerjabilitas, Difabel
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Dec 2018 08:43
Last Modified: 28 Dec 2018 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32012

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum