WORKSHEET IPA TERPADU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN ZAT ADITIF DALAM MAKANAN

Ulfa Fajrin Septiani, NIM. 11680006 (2018) WORKSHEET IPA TERPADU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN ZAT ADITIF DALAM MAKANAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (WORKSHEET IPA TERPADU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN ZAT ADITIF DALAM MAKANAN)
11680006_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (WORKSHEET IPA TERPADU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN ZAT ADITIF DALAM MAKANAN)
11680006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan worksheet IPA terpadu berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) materi sistem pencernaan manusia dan zat aditif dalam makanan serta mengetahui kualitas produk worksheet IPA terpadu yang dihasilkan sehingga layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu perancangan bangun produk, uji coba terbatas dan uji praktikum. Perancangan bangun produk worksheet IPA terpadu yang dikembangkan menggunakan software corel draw x5 dan microsoft word 2010 melalui tahap entri data ke dalam software pengembang, penyusunan layout serta pemberian aktifitas pada worksheet IPA terpadu. Hasil dari penelitian pendahuluan tersebut kemudian diujicobakan dan dilakukan kegiatan uji praktikum kepada siswa kelas VIII. Kegiatan praktikum yang dilakukan terdiri dari uji karbohidrat : uji iodium dan uji benedict. Uji protein yaitu dengan uji biuret. Uji lemak dengan menggunakan kertas. Uji vitamin C dengan uji iodium. Uji pewarna alami dan buatan dengan larutan basa (detergen). Uji boraks dengan papper test-kit. Data yang diperoleh adalah data ordinal yang dianalisis untuk mengetahui persentase keidealan produk. Hasil penilaian secara keseluruhan terhadap worksheet IPA terpadu menunjukkan persentase penilaian sebesar 85,31% yang termasuk dalam kualitas sangat baik, sedangkan respon siswa mendapatkan persentase penilaian sebesar 82,4% dengan kualitas sangat baik. Kata Kunci: Worksheet, CTL, Sistem Pencernaan Manusia dan Zat Aditif dalam Makanan, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistyawati, S.Pd.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Worksheet, CTL, Sistem Pencernaan Manusia dan Zat Aditif dalam Makanan, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2018 10:12
Last Modified: 17 Dec 2018 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum