SINTESIS ZEOLIT DAN ZEOLIT TERMODIFIKASI DITIZON DARI ABU DASAR BATUBARA DAN TERAPANNYA UNTUK ADSORPSI KATION Ca (PENYEBAB KESADAHAN)

Mumuh Muhammad Abdul Muhshi, NIM. 11630039 (2018) SINTESIS ZEOLIT DAN ZEOLIT TERMODIFIKASI DITIZON DARI ABU DASAR BATUBARA DAN TERAPANNYA UNTUK ADSORPSI KATION Ca (PENYEBAB KESADAHAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SINTESIS ZEOLIT DAN ZEOLIT TERMODIFIKASI DITIZON DARI ABU DASAR BATUBARA DAN TERAPANNYA UNTUK ADSORPSI KATION Ca (PENYEBAB KESADAHAN))
11630039_BAB I_ BAB V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SINTESIS ZEOLIT DAN ZEOLIT TERMODIFIKASI DITIZON DARI ABU DASAR BATUBARA DAN TERAPANNYA UNTUK ADSORPSI KATION Ca (PENYEBAB KESADAHAN))
11630039_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sintesis zeolit dan zeolit termodifikasi ditizon dari abu dasar batubara melalui metode peleburan hidrotermal telah berhasil di lakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakterisik abu dasar, mengetahui karakteristik zeolit yang disintesis dari abu dasar batu bara dengan metode peleburan hidrotermal, dan mengetahui pengaruh adsorbsi zeolit terhadap logam Ca. Sampel abu dasar yang telah dilebur dengan NaOH kemudian dipanaskan pada suhu 100 ºC selama 24 jam. Padatan hasil hidrotermal kemudian dinetralkan dengan akuades dan dikeringkan pada suhu 100 ºC selama 1 jam. Karakterisasi pada zeolit sintesis dan zeolit termodifikasi ditizon dilakukan dengan menggunakan XRF, FTIR, XRD, dan GSA. Parameter yang diteliti meliputi pengaruh waktu kontak, konsentrasi awal dan suhu dengan menggunakan metode batch. Hasil karakterisasi abu dasar dengan XRF diketahui kandungan Si sebanyak 82,01% dan Al sebanyak 8,54%. Karakterisasi dengan XRD menunjukkan telah terbentuknya zeolit dengan struktur menyerupai zeolit X, zeolit A, zeolit sodalit. Adapun dengan FTIR, zeolit termodifikasi ditizon ditandai adanya gugus –NH dan – SH. Hasil GSA menunjukkan penambahan ditizon dapat menyebabkan turunnya luas permukaan spesifik zeolit sintesis dari 160,262 m2/g menjadi 69,609 m2/g, berdasarkan model kinetika adsorpsi zeolit sintesis dan zeolit ditizon mengikuti model kinetika pseudo orde kedua dengan nilai R2 masing-masing 0,9989 dengan konstanta laju adsorpsi masing-masing adalah 0,021 g/mg.min-1 dan 0,010 g/mg.min- 1. Kesetimbangan adsorpsi ion Ca mengikuti model isoterm Freunlich dengan nilai konstanta adsorben zeolit sintesis sebesar 3,178 dan zeolit termodifikasi ditizon sebesar 2,525. Kata kunci: Abu dasar, zeolit sintesis, zeolit ditizon, ion Ca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Khamidinal, S.Si.,M.Si 2. Didik Krisdiyanto, S.Si.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Abu dasar, zeolit sintesis, zeolit ditizon, ion Ca.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2018 07:48
Last Modified: 18 Dec 2018 07:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32071

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum