IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL IKHLASH JEPARA TAHUN AJARAN 2017/2018

EDY SUSANTO, NIM: 13420009 (2018) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL IKHLASH JEPARA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL IKHLASH JEPARA TAHUN AJARAN 2017/2018)
13420009_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL IKHLASH JEPARA TAHUN AJARAN 2017/2018)
13420009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Nurul Ikhlash Jepara, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang disertai dengan upaya mengatasi hambatan tersebut, dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode sorogan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan kategori penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang di pondok pesantren Nurul Ikhlash Jepara, dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan berjalan baik dan lancar, sehingga sangat mendukung santri dalam membaca maupun memahami kitab kuning. Dengan metode sorogan santri lebih aktif dalam membaca kitab kuning, hal ini disebabkan karena proses pelaksanaan pembelajaran berjalan secara individual. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan para ustadz dalam menentukan metode dalam pembelajaran kitab kuning khususnya di pondok pesantren, dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca pada umumnya. Kata kunci: Metode sorogan, Kitab Kuning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi MA
Uncontrolled Keywords: Metode sorogan, Kitab Kuning
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Dec 2018 09:25
Last Modified: 31 Dec 2018 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32155

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum