PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PBA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Khoerunnisa Rizkyana, NIM. 13420011 (2018) PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PBA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PBA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13420011_BAB-I_atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PBA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13420011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar, pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar dan pengaruh keaktifan berorganisasi dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Himpunan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode 2016-2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil obyek penelitian mahasiswa Himpunan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode 2016-2017. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi “Product Moment” menggunakan SPSS Versi 23 Tahun 2016 yang kemudian diklarifikasi dan diberi kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai Fhitung 17,481 > 4,24 (Ftabel) dan uji signifikansi 0,000 > 0,05 (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai Fhitung 72,617 > 4,24 (Ftabel) dan uji signifikansi 0,000 < 0,05 (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara keaktifan berorganisasi dan minat belajar terhadap prestasi belajar pengurus HMJ PBA periode 2016/2017. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai Fhitung 35,833 > 3,39 (Ftabel) dan uji signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Keaktifan Berorganisasi, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Berorganisasi, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Dec 2018 10:54
Last Modified: 31 Dec 2018 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32156

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum