KURIKULUM BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Tinjauan Perspektif Gender)

Enok Milhah Malihatusolihah, NIM. 14420023 (2018) KURIKULUM BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Tinjauan Perspektif Gender). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Other (KURIKULUM BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Tinjauan Perspektif Gender))
14420023_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Other (KURIKULUM BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Tinjauan Perspektif Gender))
14420023_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran akan pentingnya sensitivitas gender dalam kurikulum pendidikan. Hal tersebut berangkat dari kenyataan bahwa kurikulum berpengaruh besar terhadap pembentukan sikap peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengenalisis keempat komponen kurikulum bahasa Arab di di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berupa tujuan, isi, strategi dan evaluasi dalam tinjauan perspektif gender. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memotivasi para pegiat pendidikan untuk mengintregasikan sensitivitas gender dalam kurikulum, khususnya kurikulum bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpaduan dari penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data model Milles and Huberman dan uji validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa belum ada rumusan kurikulum bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta baik dari komponen tujuan, isi, strategi maupun evaluasi yang secara eksplisit menyatakan kepedulian dan keberpihakannya terhadap kesetaraan gender. Adapun secara implisit, nilai-nilai kesetaraan gender termuat dalam tujuan berupa kepedulian agar laki-laki dan perempuan sama-sama dapat memiliki kemampuan berbahasa Arab yang baik. Dalam komponen isi dan evaluasi nilai-nilai kesetaraan gender tampak dengan adanya keseimbangan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam penokohan, ilustrasi gambar, penyajian contoh isim muz|akkar dan mu’annaṡ serta penggambaran adanya keterlibatan perempuan dalam ranah publik. Kata kunci : Kurikulum, Bahasa Arab, Gender

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Bahasa Arab, Gender
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jan 2019 10:33
Last Modified: 02 Jan 2019 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum