ANALISIS KINERJA PORTOFOLIO OPTIMAL SAHAM MODEL KATAOKA MENGGUNAKAN TEKNIK SHARPE (STUDI KASUS : SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 1 JANUARI 2013 - 30 APRIL

MILLATUL HUSNA, NIM. 14610027 (2018) ANALISIS KINERJA PORTOFOLIO OPTIMAL SAHAM MODEL KATAOKA MENGGUNAKAN TEKNIK SHARPE (STUDI KASUS : SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 1 JANUARI 2013 - 30 APRIL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KINERJA PORTOFOLIO OPTIMAL SAHAM MODEL KATAOKA MENGGUNAKAN TEKNIK SHARPE (STUDI KASUS : SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 1 JANUARI 2013 - 30 APRIL)
14610027_BAB-I_V_atau_VI_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KINERJA PORTOFOLIO OPTIMAL SAHAM MODEL KATAOKA MENGGUNAKAN TEKNIK SHARPE (STUDI KASUS : SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 1 JANUARI 2013 - 30 APRIL)
14610027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Portofolio saham merupakan sekumpulan aset investasi berupa saham yang dibentuk oleh investor. Tujuan dari pembentukan portofolio adalah untuk meminimalkan risiko dari kegiatan investasi. Portofolio pada dasarnya adalah bagaimana seorang investor mengalokasikan dana yang dimiliki dalam berbagai jenis investasi demi mendapatkan keuntungan yang optimal. Dengan melakukan diversifikasi, seorang investor dapat meminimalkan tingkat risiko yang didapat dan dalam waktu yang sama dapat memaksimalkan tingkat pengembalian yang didapat. Untuk membuat portofolio terdapat berbagai jenis model yang dapat digunakan. Penelitian ini membahas tentang analisis kinerja portofolio optimal saham. Dalam membentuk portofolio optimal, penulis menggunakan salah satu teori Safety First, yaitu model Kataoka. Portofolio yang dibentuk dengan model tersebut kemudian dievaluasi menggunakan metode pengukuran Sharpe. Hal ini dilakukan untuk membantu investor dalam memilih saham yang paling menguntungkan bagi mereka. Adapun data saham yang digunakan dalam penelitian ini adalah Saham Jakarta Islamic Index (JII) periode 1 Januari 2013 sampai 30 April 2018. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing tingkat probabilitas yaitu sebesar 1%, 5% dan 10% yang digunakan untuk membentuk model portofolio menghasilkan kombinasi portofolio yang sama. Setelah dilakukan evaluasi pengukuran kinerja dengan metode Sharpe dihasilkan kesimpulan berupa portofolio C dengan tingkat pobabilitas sebesar 10% memiliki kinerja terbaik dengan nilai kinerja sebesar 0.05483.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Farhan Qudratullah, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Portofolio Optimal, Kataoka, Metode Pengukuran Kinerja, Sharpe
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jan 2019 10:39
Last Modified: 02 Jan 2019 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32169

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum