PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI DAN MARIA MONTESSORI)

AGHNAITA, NIM. 1620430003 (2018) PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI DAN MARIA MONTESSORI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI DAN MARIA MONTESSORI))
1620430003_ BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR _PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDURRAHMAN AN-NAHLAWI DAN MARIA MONTESSORI))
1620430003_ BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi akan pandangan terhadap Pendidikan Anak Usia Dini sebagai aspek fundamental terhadap arah kehidupan anak. Di sisi lain, perkembangan teori pendidikan berdampak terhadap arah pemikiran yang dinamis pada pola pendidikan. Adanya perhatian serius akan masa keemasan anak turut menentukan suatu pendekatan yang sesuai dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Pentingnya permasalahan tersebut mengundang berbagai pandangan tokoh pendidikan baik dari Barat maupun Timur, tidak terkecuali Abdurrahman An-Nahlawi dan Maria Montessori. Kedua tokoh telah memiliki banyak kontribusi untuk mewujudkan pengembangan pendidikan bagi anak dari sudut pandang maupun pendekatan yang berbeda. Berdasarkan hal di atas, maka penelitian ini diarahkan untuk mengkaji pemikiran keduanya menjadi suatu paradigma alternatif akan Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan pendekatan filosofis, historis, dan psikologis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Selanjutnya, data dikelola dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi dan komparatif serta menggunakan metode induktif-deduktif dalam pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diperoleh: 1) Konsep pendidikan Abdurrahman An-Nahlawi bagi Anak Usia Dini didasarkan atas syariat Islam sebagai manhaj Rabbani yang sempurna. Sehingga, pendidikan yang ideal adalah yang didasari oleh al-Qur‟an dan sunnah. Pendidikan menjadi sarana untuk mempersiapkan hidup anak sebagai manusia paripurna dan mewujudkan idealisme agama Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Adapun konsep pendidikan Maria Montessori bertolak pada pandangan anak sebagai individu yang unik dan mampu mengkonstruk pembelajaran secara mandiri. Sehingga, perlu adanya lingkungan yang disiapkan bagi perkembangan anak. Pendidikan dipandang sebagai kehidupan yang sesungguhnya untuk anak. 2) Pendekatan Pendidikan Anak Usia Dini menurut Abdurrahman An-Nahlawi menggunakan pendekatan normatif perenialis, sedangkan Maria Montessori menggunakan pendekatan konstruktivisme. Adapun titik persamaan dari kedua tokoh, yakni konsep pendidikan yang terpadu dan kontekstual, serta adanya pandangan terhadap anak didik sebagai subjek utama dalam pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendekatan, Abdurrahman An-Nahlawi, Maria Montessori
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2019 09:57
Last Modified: 03 Jan 2019 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum