PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN QUR'AN HADIS DI KELAS VIII D MTsN WATES KULON PROGO YOGYAKARTA

EKA FITRIANI NIM. 05410140, (2009) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN QUR'AN HADIS DI KELAS VIII D MTsN WATES KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN QUR'AN HADIS DI KELAS VIII D MTsN WATES KULON PROGO YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (716kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN QUR'AN HADIS DI KELAS VIII D MTsN WATES KULON PROGO YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran Qur'an Hadis kelas VIII D MTsN Wates Kulon Progo Yogyakarta yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik yang kenyataannya merupakan orang yang secara langsung terlibat dalam pembelajaran, guru menggunakan strategi pembelajaran yang konvensional sehingga menimbulkan kebosanan siswa. Oleh karena itu perlu diadakanya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi STAD dalam pembelajaran Qur'an Hadis dan meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa kelas VIII D setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MTsN Wates Kulon Progo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Analisi data dilakukan dengan mengungkap makna: yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan motivasi dan keaktifan melalui tindakan yang dilakukan, dalam peneltian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) implementasi, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil Penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan yang diawali dengan observasi awal pembelajaran dan kegiatan pra tindakan. Penerapan strategi STAD ini lebih melibatkan siswa dalam pembelajaran, dengan mengerjakan soal kelompok maupun individu, mempresentasikan hasil diskusi, kuis, serta adanya penghargaan kepada siswa yang diberikan oleh guru. (2) Adanya peningkatan keaktifan dan motivasi siswa, antusiasme dan rasa senang siswa dalam mengikuti pembelajaran, kemudian timbulnya rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang dipelajari, adanya keinginan untuk mengungkapkan pendapat, menerima pendapat, dan kemauan bertanya. Secara umum peningkatan yang terjadi cukup baik, pada aspek keaktifan siswa mengalami peningkatan pada observasi awal sebesar 35,5%, kemudian Siklus 1 68,3% menjadi 80,7% pada Siklus II dengan demikian aspek tersebut mengalami peningkatan sebesar 45,2 %. Sedangkan untuk aspek motivasi siswa pada observasi awal 29,6 %, kemudian pada Siklus I 65,8% dan menjadi 87,8% pada Siklus II, sehingga peningkatan yang terjadi sebesar 58,2%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi, Cooperative Learning, Student Team, Achievement Division, Motivasi, Siswa, Pembelajaran, Qur'an, Hadits
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 12 Sep 2012 22:31
Last Modified: 12 Sep 2012 22:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum