PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAMUS ONLINE TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Wartini, NIM. 14420068 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAMUS ONLINE TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAMUS ONLINE TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420068_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAMUS ONLINE TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420068_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Minat merupakan salah satu faktor pokok untuk meraih sukses dalam belajar. Namun minat belajar bahasa Arab siswa masih rendah begitu juga prestasi belajarnya. Maka dari itu memerlukan media untuk memudahkan dalam belajar bahasa Arab. Kemajuan teknologi berperan untuk membantu meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar. Diantara teknologi yang dimanfaatkan dalam pembelajaran khususnya bahasa Arab yaitu aplikasi kamus online. Kamus online yang digunakan kamus almaany dan google terjemahan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan ada tidaknya pengaruh aplikasi kamus online dengan minat dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Klaten. Pengampilan sampelnya dengan menggunakan simple random sampling. Sampel terdiri atas dua kelas yaitu, kelas X MIPA 1 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 25 siswa dan kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan : tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity). Uji reliabilitas menggunakan rumus croncbach alpa. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus kolmogorof-smirnov, sedangkan uji homogenitasnya menggunakan rumus levene statistic dan analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kamus online menghasilkan perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Berdasarkan analisis statistik uji t diperoleh nilai sig. sebesar 0,005 jadi (0,005 < 0,05). Besarnya perbedaan rerata atau mean yaitu -15.314. Karena bernilai negatif, berarti nilai pretest memiliki mean lebih rendah dari pada nilai posttest. Sedangkan penggunaan aplikasi kamus online terhadap minat tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan analisis statistik uji t diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,312 jadi (0,312 > 0,05). Namun jika dilihat jumlah peningkatan rata-rata minat belajar bahasa Arab kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 9. 94 sedangkan kelas kontrol 2.20. Besarnya perbedaan rerata atau mean pretest dan posttest pada kelas eksperimen yaitu -9,940. Karena bernilai negatif, berarti nilai pretest memiliki mean lebih rendah dari pada nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi kamus online terhadap minat dan prestasi belajar bahasa Arab namun pengaruh penggunaaan aplikasi kamus online terhadap minat belajar bahasa Arab tidak signifikan. Kata kunci: Kamus online, Minat, Prestasi, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ja'far Shodiq, S.Pd, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kamus online, Minat, Prestasi, Bahasa Arab,sastra, kesusastraan Arab.
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jan 2019 16:14
Last Modified: 21 Jan 2019 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum