PENDIDIKAN AKHLAK DALAM TAREKAT ORGANISASI MATAN (MAHASISWA AHLI AL-ṬORIQOH AL-MU’TABAROH AN-NAHḌIYYAH) DI UIN SUNAN KALIJAGA

Wahyu Nurohman, NIM.14410056 (2018) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM TAREKAT ORGANISASI MATAN (MAHASISWA AHLI AL-ṬORIQOH AL-MU’TABAROH AN-NAHḌIYYAH) DI UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AKHLAK DALAM TAREKAT ORGANISASI MATAN (MAHASISWA AHLI AL-ṬORIQOH AL-MU’TABAROH AN-NAHḌIYYAH) DI UIN SUNAN KALIJAGA)
14410056_bab-I-atau-IV_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AKHLAK DALAM TAREKAT ORGANISASI MATAN (MAHASISWA AHLI AL-ṬORIQOH AL-MU’TABAROH AN-NAHḌIYYAH) DI UIN SUNAN KALIJAGA)
14410056_bab-II_SAMPAI SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak kita temui tindakan atau akhlak di sekitar kita yang menunjukan akhlak yang kurang. Peristiwa yang sering terjadi adalah tindakan pencurian, penjambretan, minum-minuman keras dan lain lain yang semua ini mayoritas dilakukan oleh kalangan pemuda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pendidikan akhlak di organisasi Matan dilaksanakan, apa saja materi yang diajarkan dalam organisasi Matan, serta pencapaian apa saja yang telah dilaksanakan oleh organisasi Matan UIN Sunan Kalijaga. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan oleh organsasi Matan UIN Sunan Kalijaga untuk mendidik para anggotanya, materi yang diajarkan serta pencapaian yang telah di laksanakan dalam oganisasi Matan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar organisasi Matan UIN Sunan Kalijaga. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) metode pendidikan akhlak organisasi Matan UIN Sunan Kalijaga yaitu halaqah tarbawiyyah dan majlis Żikir (2) materi yang disampaikan dalam organisai Matan UIN Sunan Kalijaga meliputi akhlak kepada Allah swt., akhlak kepada Rasul, akhlak kepada lingkungan dan akhlak kepada lawan jenis (3) pencapaian yang telah dilakukan organisasi Matan secara umum telah mencaapai apa yang menjadi misi dari organisasi Matan, yaitu menanamkan pendidikan hati dikalangan mahasiswa yang berbasis nilai-nilai spiritual (keṭoriqohan/ ketasawufan) dan akhlak mahmudah. Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Tarekat, Matan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Maragustam Siregar. MA.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Tarekat, Matan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 14:11
Last Modified: 07 Jan 2019 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum