DISFUNGSI PERAN SOSIAL-KEAGAMAAN ORGANISASI KEPEMUDAAN TERHADAP KEMAKMURAN MASJID AL-HIKMAH DUKUH JIMBUNG KULON, DESA JIMBUNG, KECAMATAN KALIKOTES, KLATEN

ISHLAH UTAMI, NIM. 13540041 (2018) DISFUNGSI PERAN SOSIAL-KEAGAMAAN ORGANISASI KEPEMUDAAN TERHADAP KEMAKMURAN MASJID AL-HIKMAH DUKUH JIMBUNG KULON, DESA JIMBUNG, KECAMATAN KALIKOTES, KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DISFUNGSI PERAN SOSIAL-KEAGAMAAN ORGANISASI KEPEMUDAAN TERHADAP KEMAKMURAN MASJID AL-HIKMAH DUKUH JIMBUNG KULON, DESA JIMBUNG, KECAMATAN KALIKOTES, KLATEN)
13540041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DISFUNGSI PERAN SOSIAL-KEAGAMAAN ORGANISASI KEPEMUDAAN TERHADAP KEMAKMURAN MASJID AL-HIKMAH DUKUH JIMBUNG KULON, DESA JIMBUNG, KECAMATAN KALIKOTES, KLATEN)
13540041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya disfungsi peran sosialkeagamaan yang dilakukan oleh organisasi kepemudaan yang berada di Dukuh Jimbung Kulon. Pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan normal sebagai sebuah organisasi kepemudaan pada umumnya. Padahal pemuda sebagai generasi penerus dengan kemampuan dan potensi yang lebih, sangat diharapkan oleh masyarakat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Peran sosial-keagamaan yang seharusnya dijalankan organisasi kepemudaan ini sebagai bagian dari elemen masyarakat untuk menjaga stabilitas masyarakat Dukuh Jimbung Kulon telah terganggu fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab dari terjadinya disfungsi peran sosial-keagamaan organisasi kepemudaan yang ada di Dukuh Jimbung Kulon dan untuk mengetahui fungsi struktur organisasi kepemudaan ini berpengaruh terhadap menurunnya kegiatan memakmurkan Masjid Al-Hikmah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian organisasi kepemudaan Dukuh Jimbung Kulon dan Masjid Al- Hikmah. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik interview atau wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan Teori Struktural-Fungsional dari Talcott Parsons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab dari terjadinya disfungsi peran sosial-keagamaan organisasi kepemudaan yang ada di Dukuh Jimbung Kulon ini terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Kurangnya interkasi berupa komunikasi langsung dan kurangnya koordinasi serta kerjasama menjadi faktor internal. Sedangkan faktor eksternal penyebab terjadinya disfungsi peran sosial-keagamaan organisasi kepemudaan ini adalah tidak adanya dukungan dari beberapa masyarakat terutama dari kalangan orang tua. Gagalnya organisasi kepemudaan dalam menjalankan empat persyaratan fungsioanal sebuah sistem menurut Talcott Parsons, yaitu fungsi adaptasi, fungsi pencapaian tujuan, fungsi integrasi dan fungsi pemeliharaan pola berpengaruh terhadap menurunnya kegiatan untuk memakmurkan Masjid Al-Hikmah. Kata Kunci: Disfungsi, Peran, Pemuda, Struktur Organisasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag., M.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Disfungsi, Peran, Pemuda, Struktur Organisasi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:46
Last Modified: 08 Jan 2019 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32263

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum