PEMANFAATAN OPAC PADA SOFTWARE LIBSYS (LIBRARY SYSTEM) OLEH SISWA DALAM PENELUSURAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN AL-MA’ASHIR SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Sheli Tria Aryuni, NIM. 15130015 (2018) PEMANFAATAN OPAC PADA SOFTWARE LIBSYS (LIBRARY SYSTEM) OLEH SISWA DALAM PENELUSURAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN AL-MA’ASHIR SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN OPAC PADA SOFTWARE LIBSYS (LIBRARY SYSTEM) OLEH SISWA DALAM PENELUSURAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN AL-MA’ASHIR SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
15130015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN OPAC PADA SOFTWARE LIBSYS (LIBRARY SYSTEM) OLEH SISWA DALAM PENELUSURAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN AL-MA’ASHIR SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
15130015_BAB-II_sampai__SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tugas akhir ini membahas tentang “Pemanfaatan OPAC Pada Software LIBSYS (Library System) Oleh Siswa dalam Penelusuran Informasi di Perpustakaan Al-Ma‟ashir SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta” dimana yang menjadi masalah yaitu bagaimana pemanfaatan OPAC oleh siswa dalam penelusuran informasi di Perpustakaan Al-Ma‟ashir SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penelusuran yang ada di Perpustakaan Al-Ma‟ashir SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian yang digunakan penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan penyebaran kuisioner sebagai teknik pengumpulan datanya. Diketahui bahwa penelusuran informasi menggunakan OPAC terdiri dari lima tahapan, pertama pemustaka harus membuka katalog online atau OPAC, kemudian masukan kata kunci yang tepat, setelah itu dicatat nomor klasifikasinya dan data yang dirasa dibutuhkan oleh pemustaka, kemudian mencarinya di dalam rak yang dituju sesuai dengan nomor klasifikasinya. Koleksi yang sudah didapatkan bisa langsung digunakan, apabila belum menemukan maka pemustaka bisa menghubungi pustakawan. Selain itu, dibahas juga kendala-kendala yang dihadapi dalam penusuran informasi yaitu pengetahuan pemustaka, kesulitan dalam menelusur koleksi di rak, listrik padam dan adanya alih fungsi komputer OPAC. Kata kunci: OPAC, penelusuran informasi

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: OPAC, penelusuran informasi
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Jan 2019 09:49
Last Modified: 09 Jan 2019 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32302

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum