ANALISIS KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA N 5 YOGYAKARTA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SUBBAB PERBANDINGAN TRIGONOMETRI SUDUT- SUDUT BERELASI

KUSMIYATI DWI SARI, NIM. 14600032 (2018) ANALISIS KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA N 5 YOGYAKARTA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SUBBAB PERBANDINGAN TRIGONOMETRI SUDUT- SUDUT BERELASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA N 5 YOGYAKARTA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SUBBAB PERBANDINGAN TRIGONOMETRI SUDUT- SUDUT BERELASI)
14600032_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA N 5 YOGYAKARTA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SUBBAB PERBANDINGAN TRIGONOMETRI SUDUT- SUDUT BERELASI)
14600032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa sebagai modal kehidupannya di masa yang akan datang, sehingga kreativitas menjadi penting untuk dikembangkan. Siswa perlu diberi masalah yang tidak rutin untuk merangsang kreativitas. Salah satu cara yang mungkin adalah melalui pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa kelas X SMA N 5 Yogyakarta dalam pemecahan masalah matematika pada subbab perbandingan trigonometri sudut-sudut berelasi. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif-kualitatif. Prosedur penelitian kualitatif ini terdiri dari: 1) tahap pra penelitian meliputi wawancara dengan guru matematika dan penyusunan instrumen penelitian; 2) tahap penelitian meliputi pemberian tes diagnostik dan wawancara dengan siswa; serta 3) tahap analisis data, yaitu mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan lembar tes dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil analisis menunjukkan bahwa kreativitas siswa menurut pembagian TBK Siswono adalah sebagai berikut. Pada tahap memahami masalah, siswa dengan TBK 0 sampai TBK 4 mampu memahami masalah. Pada tahap merencanakan ide, siswa dengan TBK 0 hanya mampu merencanakan maksimal satu ide terkait masalah yang ada, siswa dengan TBK 1, TBK 3 dan TBK 4 mampu merencanakan lebih dari satu ide, sedangkan TBK 2 hanya mampu memberi penjelasan maksimal satu rencana idenya. Pada tahap melaksanakan rencana, siswa dengan TBK 0 dan TBK 1 hanya mampu merencanakan maksimal satu ide terkait masalah yang ada, sedangkan siswa dengan TBK 2, TBK 3 dan TBK 4 mampu melaksanakan lebih dari satu rencananya sesuai dengan ide awalnya. Selanjutnya, pada tahap memeriksa kembali, siswa dengan TBK 0 tidak mampu memeriksa kembali jawaban, siswa dengan TBK 1 kurang mampu memeriksa kembali jawaban, siswa dengan TBK 2 dapat memeriksa kembali jawabannya, sedangkan siswa dengan TBK 3 dan TBK 4 mampu memeriksa kembali jawaban yang ia sajikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, pemecahan masalah Polya, tingkat kemampuan berpikir kreatif (TBK)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2019 10:09
Last Modified: 09 Jan 2019 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32318

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum