STUDI KOMPARASI KONSEP PEMBENTUKAN KARAKTER MENURUT STEPHEN R. COVEY DAN ARY GINANJAR AGUSTIAN

Yuli Nurdiyanto, NIM. 14410110 (2018) STUDI KOMPARASI KONSEP PEMBENTUKAN KARAKTER MENURUT STEPHEN R. COVEY DAN ARY GINANJAR AGUSTIAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KONSEP PEMBENTUKAN KARAKTER MENURUT STEPHEN R. COVEY DAN ARY GINANJAR AGUSTIAN)
14410110_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KONSEP PEMBENTUKAN KARAKTER MENURUT STEPHEN R. COVEY DAN ARY GINANJAR AGUSTIAN)
14410110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah idealnya Pendidikan Agama Islam dapat membentuk peserta didik yang berkarakter atau berakhlak mulia. Namun dalam kenyataannya masih banyak pelajar yang melakukan tindakan yang tidak bermoral. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji konsep pembentukan karakter menurut Stephen R. Covey dan Ary Ginanjar Agustian, karena telah diaplikasikan dalam berbagai lembaga maupun organisasi dan terbukti efektif untuk membentuk karakter pada diri seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan kedua konsep tersebut serta mencari implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogi dan filsafat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian yaitu: (1) Konsep pembentukan karakter menurut Stephen R. Covey adalah dengan The 7 Habits of Highly Effective People. (2) Konsep pembentukan karakter menurut Ary Ginanjar Agustian adalah dengan Emotional Spiritual Quotient. (3) Persamaan konsep tersebut terletak pada tujuan, komponen-komponen pembentuk karakter, dan nilai-nilai karakter yang terbentuk. Perbedaannya terletak pada latar belakang konsep, dasar konsep, sifat konsep, dan langkah-langkah pembentukan karakter. Konsep pembentukan karakter Stephen R. Covey mempunyai kelebihan, yaitu: menjelaskan pembaruan diri pada empat dimensi manusia dan terdapat mekanisme manajemen waktu, sedangkan kekurangannya adalah cenderung hanya berorientasi kepada kehidupan di dunia dan tidak menjelaskan suara hati secara lengkap. Sementara itu konsep pembentukan karakter Ary Ginanjar Agustian mempunyai kelebihan yaitu berorientasi kepada kehidupan di dunia maupun di akhirat dan menjelaskan suara hati secara lengkap, sedangkan kelemahannya adalah tidak menjelaskan pembaruan diri pada dimensi fisik manusia dan tidak terdapat mekanisme manajemen waktu. (4) Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam, konsep pembentukan karakter dari Stephen R. Covey yang menyajikan mekanisme aplikatif dalam membentuk karakter seseorang bisa di gabungkan dengan konsep pembentukan karakter dari Ary Ginanjar Agustian yang lebih bersifat religiusfilosofis sehingga menjadi alternatif baru untuk membentuk karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Pendidikan Agama Islam, Stephen R. Covey, Ary Ginanjar Agustian
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Jan 2019 09:57
Last Modified: 11 Jan 2019 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum