PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN PUTRI NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA

Zainab, NIM. 14410160 (2018) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN PUTRI NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN PUTRI NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14410160_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN PUTRI NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14410160_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tentang pendidikan multikultural ini berasal dari fenomena multikulturalisme di Pondok Pesantren, pondok pesantren merupakan tempat berkumpulnya santri yang berasal dari latar belakang yang berbeda, baik berbeda dari segi bahasa, daerah asal, ekonomi, maupun dari segi yang lain. Melalui pendidikan yang berkonteks multikultural yang diimplementasikan sejak dini mampu memberikan pemahaman yang lebih tentang perlunya saling menerima, saling menghargai, saling menghormati keanekaragaman. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan yaitu tentang pendidikan multikultural di pondok pesantren dan interaksi pondok pesantren terhadap multikulturalisme di lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini secara khusus akan membahas tentang pendidikan multikultural yang dilaksaanakan di pondok pesantren putri Nurul Ummahat dan bagaimana interaksi pondok pesantren dengan multikulturalisme di lingkungan pondok pesantren. Data-data yang akan disajikan dalam penelitian ini adalah data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dari pihak-pihak terkait. Hasil penilitian ini meliputi : 1) pendidikan multikultural ini telah dilaksanakan di pondok pesantren putri Nurul Ummahat melalui proses pembelajaran di setiap pagi dan juga melalui keteladanan yang diberikan oleh kyai dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan multikultural ini diimplementasikan melalui penyisipan wawasan multikultural saat kajian pagi. Metode dalam pembelajaran ini menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang bersifat demokratis. 2) interaksi antara pondok pesantren dengan multikulturalisme di lingkungan sekitar terjalin dengan harmonis, dan tidak pernah terjadi konflik. Hal ini bisa bisa dilihat dari keterbukaan pondok pesantren terhadap keanekaragaman dan juga bisa dilihat dari adanya kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pondok pesantren yang mengikutsertakan masyarakat sekitar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Mutikultural
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Jan 2019 14:58
Last Modified: 11 Jan 2019 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum