PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Puji Astuti, NIM. 14410168 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14410168_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MTs NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14410168_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa perilaku keagamaan merupakan salah satu hal yang digunakan untuk mengukur karakter seseorang. Perilaku keagamaan siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pembelajaran di kelas. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti meneliti tentang pengaruh pembelajaran SKI terhadap perilaku keagamaan siswa di MTsN 1 Yogyakarta. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran SKI di MTs Negeri 1 Yogyakarta. (2) Bagaimana tingkat perilaku keagamaan siswa MTs Negeri 1 Yogyakarta. (3) Apakah ada pengaruh pembelajaran SKI terhadap perilaku keagamaan siswa di MTs Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh pembelajaran SKI terhadap perilaku keagamaan siswa di MTsN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sebagai populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 220 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5% berdasar ketentuan pada tabel Krejcie, jumlah sampelnya sebanyak 140 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis product moment dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran SKI di MTsN 1 Yogyakarta diteliti dari empat indikator, yaitu tenaga pendidik, materi pelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Keempat indikator tersebut sama-sama penting dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga pembelajaran SKI di MTsN 1 Yogyakarta berjalan dengan baik. (2) Tingkat perilaku keagamaan siswa di MTsN 1 Yogyakarta diteliti dari empat indikator, yaitu ibadah, pengalaman, pengetahuan dan pengamalan. Secara umum, perilaku keagamaan siswa MTs Negeri 1 Yogyakarta akan mengalami perubahan pada keempat indikator tersebut. (3) Pengaruh pembelajaran SKI terhadap perilaku keagamaan siswa berkorelasi positif namun tidak signifikan ( r xy=0,327 ). Hasil tersebut menunjukkan bahwa setiap pelaksanaan pembelajaran SKI akan diikuti dengan perubahan perilaku keagamaan siswa di MTsN 1 Yogyakarta. Secara sederhana, pembelajaran SKI merupakan salah satu faktor yang memengaruhi perilaku keagamaan siswa, meskipun bukan satu-satunya prediktor yang memengaruhi perilaku keagamaan siswa di MTsN 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pembelajaran SKI, perilaku keagamaan siswa, MTsN 1 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Jan 2019 15:24
Last Modified: 11 Jan 2019 15:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32372

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum