Surat al nisa' fi al riwayah mawt al rajul al wahid 'ala al ard li nawal al sa'dawiy (dirasah tahliliyyah naqdiyyah adabiyyah nisaiyyah)

Siti Shofiatul Marwah, NIM. 14110051 (2018) Surat al nisa' fi al riwayah mawt al rajul al wahid 'ala al ard li nawal al sa'dawiy (dirasah tahliliyyah naqdiyyah adabiyyah nisaiyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Surat al nisa' fi al riwayah mawt al rajul al wahid 'ala al ard li nawal al sa'dawiy (dirasah tahliliyyah naqdiyyah adabiyyah nisaiyyah))
14110051_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Surat al nisa' fi al riwayah mawt al rajul al wahid 'ala al ard li nawal al sa'dawiy (dirasah tahliliyyah naqdiyyah adabiyyah nisaiyyah))
14110051_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Novel karya Nawal El Saadawi ini menceritakan tentang kekejaman para penguasa tanah terhadap rakyat kecil di sebuah desa di Mesir. Kekejaman tersebut dialami oleh petani miskin baik dari kalangan laki-laki maupun perempuan, yang diwakili tokoh perempuan bernama Zakeya yang merasakan tekanan batin baik fisik maupun psikis. Sedangkan kaum penguasa yang berlaku sewenang-wenang diwakili oleh tokoh Umdah, seorang penguasa tanah d desa Kafr El Tin. Penelitian ini menggunakan kritik sastra feminis idiologis Soenardjati Djajanegara sebagai pisau analisis dan memusatkan perhatiannya terhadap citra dan stereotype wanita dalam karya sastra. Konsep reading as a woman merupakan konsep yang digunakan untuk membongkar idiologi patriarki yang terdapat dalam novel. Dengan analisis deskriptif-kualitatif sebagai metode untuk menganalisis uraian-uraian dalam novel yang berkaitan dengan tokoh perempuan. Maka dari itu, dapat dirumuskan masalah tentang bagaimana citra diri perempuan yang terdapat dalam novel Maut Ar-Rajul Al-Wahiid ‘ala al-Arḍli karya Nawal el Saadawi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citra perempuan yang terdapat dalam novel Maut Ar-Rajul Al-Wahiid ‘ala al-Arḍli. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa citra diri perempuan yang terdapat pada tokoh utama bernama Zakeya, adalah seorang perempuan yang kuat, pemberani, dan perempuan yang memanusia. Dapat dikatakan bahwa citra diri perempuan yang terdapat daam novel Maut Ar-Rajul Al-Wahiid ‘ala al-Arḍli merupakan citra diri yang positif. Kata kunci : Nawaal El Saadawi, feminisme, reading as a woman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohammad Kanif Anwari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nawaal El Saadawi, feminisme, reading as a woman
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:00
Last Modified: 27 Feb 2019 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32389

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum