RESEPSI MASYARAKAT TERHADAP TAFSIR AL-IBRIZ (STUDI LIVING QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PABUWARAN, PURWOKERTO)

AWAL MUBAROK, NIM. 13530123 (2018) RESEPSI MASYARAKAT TERHADAP TAFSIR AL-IBRIZ (STUDI LIVING QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PABUWARAN, PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESEPSI MASYARAKAT TERHADAP TAFSIR AL-IBRIZ (STUDI LIVING QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PABUWARAN, PURWOKERTO))
13530123_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI MASYARAKAT TERHADAP TAFSIR AL-IBRIZ (STUDI LIVING QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PABUWARAN, PURWOKERTO))
13530123_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pada penelitian ini adalah membahas tentang praktik kajian al-Qur’an yang dijadikan sebagai budaya sosial dalam melakukan hubungan dengan masyarakat. Hal ini bahwa resepsi (penerimaan) menjadikan cara pandang yang berbeda pada setiap masyarakat. Dalam melakukan observasi di Pondok Pesantren al-Amin, Pabuwaran, Purwokerto bahwa setiap santri mempunyai kesadaran individu maupun berasal dari lingkungan yang menjadikan keharusan untuk mengikuti kajian tafsir al-Ibriz. Dengan adanya prosesi acara dari pra acara, waktu pelaksanaan, dan pasca acara bahwa hal tersebut merupakan satu kesatuan. Fokus dari kajian yang membahas tafsir al-Qur’an terkait praktik yang dikaji secara mendalam. Kemudian tujuannya bagaimana pelaku memaknai tafsir al- Qur’an yang dikaji sebagai alat dalam membentuk individu yang berkualitas. Hal tersebut menjadi makna bagi santri maupun pengurus yang ikut serta dalam kajian tafsir al-Ibriz penulis membatasi mengenai dua permasalahan penting yang perlu di teliti, pertama, bagaimana prosesi pelaksanaan kajian tafsir al-Ibriz di Pondok Pesantren al-Amin, Pabuwaran, Purwokerto? kedua, bagaimana resepsi masyarakat dalam memaknai kajian tafsir al-Ibriz? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengenai studi kasus terhadap prosesi kajian tafsir al-Ibriz di kelurahan Pabuwaran, kecamatan Purwokerto, kabupaten Banyumas. Penulis melakukan Observasi dengan menggunakan tiga metode dalam mengumpulkan data. Pertama, dengan melakukan interview (wawancara) terhadap informan yakni santri yang meliputi pengurus pondok dan peserta bukan pengurus, dan pengsasuh pondok pesantren al-Amin, kedua, observasi partisipan yakni penulis terlibat langsung selama pelaksanaan kajian al-Ibriz, ketiga, dengan mengumpulkan data melalui dokumentasi sebagai data penunjang. Kajian tafsir al-Ibriz adalah kajian yang dilaksanakan setiap hari dipondok pesantren al-Amin, Pabuwaran, Purwokerto. Dalam prosesi kajian tersebut tidak lain adalah menafsirkan isi dalam ayat al-Qur’an secara jelas. Bahwa cara santri meresepsi kajian yakni sebagai hubungan antara santri, pengkaji dan yang dikaji. Ada dua pokok isi dalam kajian tafsir al-Ibriz, pertama, prosesi sebagai bentuk pemahaman santri terhadap kajian yang berupa nilai dan aturan secara umum, kedua, pelaksanaan sebagai bentuk pelaksanaan secara langsung dan keberhasilan suatu kajian. Dalam pendekatan terdapat tiga makna yakni: makna ekspressif, makna objektif, dan makna dokumenter sebagai alat analisis dalam suatu kajian. Kajian terdapat dua resepsi masyarakat yang ditemukan dalam kajian tafsir al-Ibriz, pertama, kajian al-Ibriz dianggap sebagai praktik keagamaan dan praktik sosial. Kedua, sebagai tradisi dalam memaknai suatu kajian bahwa setiap santri akan menemukan pemahaman masing-masing secara subjektif maupun obyektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Phil. Sahiron Syamsudin M. Ag
Uncontrolled Keywords: Tafsir al-Ibriz, al-Qur.am, Pondok Pesantren al-Amin, Pabuwaran, Purwokerto
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jan 2019 11:14
Last Modified: 14 Jan 2019 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum