Al shi'r ila tughat al 'alim li Abi al Qasim al Shabiy (al dirasah al tahliliyyah al simaiyyah li Riffaterre )

Zikriah Nilupar Fadilah, NIM. 14110125 (2018) Al shi'r ila tughat al 'alim li Abi al Qasim al Shabiy (al dirasah al tahliliyyah al simaiyyah li Riffaterre ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al shi'r ila tughat al 'alim li Abi al Qasim al Shabiy (al dirasah al tahliliyyah al simaiyyah li Riffaterre ))
14110125_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Al shi'r ila tughat al 'alim li Abi al Qasim al Shabiy (al dirasah al tahliliyyah al simaiyyah li Riffaterre ))
14110125_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesatuan makna dalam puisi “Ila Tughati al-‘Alam” karya Abi al-Qasim asy-Syabi. Puisi yang terdapat dalam Diwan Abi al-Qasim asy Syabi ini dikumandangkan oleh para demonstran Mesir ketika revolusi Mesir 2011. Puisi ini berisi sindiran yang kuat bahkan cenderung mengejek dan mengecam penguasa diktator. Baris-baris puisi belum menunjukkan kesatuan makna dalam puisi. Maka untuk memperoleh kesatuan makna dalam puisi, peneliti menggunakan teori Semiotik Riffatere yang dianggap cocok untuk menemukan kesatuan makna puisi. Teori Riffaterre menggunakan dua level pembacaan, yaitu pembacaan heuristik didasarkan pada arti kamus dan pembacaan hermeneutik berupa penafsiran dari karya sastra dengan mencari model, matriks, hipogram potensial dan aktual untuk mendapatkan kesatuan makna. Model (kalimat monumental dari puisi) adalah: ألا أيها الظالم المستبد**حبيب الظلام عدوّ الحياة تأمل! هنالك.. أنّى حصدت**رؤوس الورى، وزهور الأمل Matriks puisi yang didapat adalah kemerdekaan dan keadilan. Hiporgam potensial dari puisi ini adalah kritik penyair terhadap penguasa yang diktator serta kecaman atas perbuatan yang dilakukannya, dan hipogram aktualnya adalah puisi ash-Syabi yang berjudul “al-Nabi al-Majhul”. Kata kunci: Puisi: Ila Tughati Alam, Semiotik Riffaterre.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tatik Maryatut Tasnimah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Puisi: Ila Tughati Alam, Semiotik Riffaterre.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Mar 2019 08:20
Last Modified: 18 Mar 2019 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32421

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum