As shi'r ma ba'da rahil al shams li Faruq Juwaydah (tatbiqiyyah 'ala nazariyyah al tabaqat al mi'yariyyah li roman Ingarden)

Abdul Ghafir Musaffak, NIM. 14110126 (2018) As shi'r ma ba'da rahil al shams li Faruq Juwaydah (tatbiqiyyah 'ala nazariyyah al tabaqat al mi'yariyyah li roman Ingarden). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (As shi'r ma ba'da rahil al shams li Faruq Juwaydah (tatbiqiyyah 'ala nazariyyah al tabaqat al mi'yariyyah li roman Ingarden))
14110126_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (As shi'r ma ba'da rahil al shams li Faruq Juwaydah (tatbiqiyyah 'ala nazariyyah al tabaqat al mi'yariyyah li roman Ingarden))
14110126_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Puisi “Ma Ba’da Rahilissamsi” karya Faruq Juwaidah (Pendekatan metode terapan dengan teori strata norma Roman Ingarden )”. Puisi ini masuk dalam katagori puisi Arab kontemporer karna tidak lagi bergantung pada kaidah-kaidah yang terkandung dalam puisi Arab jahili. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengungkap makna yang terdapat dalam puisi Faruq Juwaidah, penyair Mesir Modern dengan latar belakang studi di fakultas sastra. Dia mampu meletakkan nilai-nilai estetika dan filsafat ke dalam puisinya. Kedalaman makna yang menggunakan kalimat sederhana dan mudah dipahami membuat puisi Faruq Juwaidah sangat digemari oleh berbagai kalangan. Oleh karena itu puisi karya Faruq Juwaidah tergolong sebagai aliran baru dalam kesusastraan Arab, maka menarik untuk diteliti keseluruhan aspeknya melalui teori strata norma Roman Ingarden. Berdasarkan hal tersebut penulis memandang bahwa teori strata norma yang dirumuskan oleh Roman Ingarden seorang filsuf Polandia adalah teori paling tepat yang dapat digunakan untuk menganalisis makna-mkana puisi “Ma Ba’da Rahilissamsi” yang terdapat dalam antologi puisi “Lianni Uhibbuk” karya Faruq Juwaidah. Dalam bukunya Das Literarische Kunstwerk (1931) Roman Ingarden membagi norma-norma tersebut sebagaimana berikut: Lapis bunyi (sound stratum), Lapis arti (units meaning), Lapis objek, Lapis dunia, dan Lapis metafisis. Dengan demikian, untuk mencapai makna dari puisi tersebut penulis harus menganalsis lapis demi lapis dari norma-norma tersebut. Adapun hasil dari skripsi ini adalah: pada lapis bunyi, puisi “Ma Ba’da Rahilissamsi” menyuarakan kegelisahan saya (lirik puisi) dengan susunan suarasuara berat dan sedih. Kemudian pada lapis arti, puisi “Ma Ba’da Rahilissamsi” adalah kegundahan susunan dengan ungkapan kejujuran saya (lirik puisi) dalam menciptakan puisi tersebut. Selanjutnya, pada lapis objek, saya (lirik puisi) membangun suasana dengan menghadirkan metafor-metafor dari alam sekitar yang masih bisa kita lihat dengan kasat mata. Pada lapis dunia, saya (lirik puisi) menggambarkan zaman yang sudah banyak berubah. dan sebagai dasar dari timbulnya segala sesuatu yang terjadi di kehidupan kita ialah bukan disebabkan oleh alam, melainkan disebabkan oleh diri kita. Dan pada lapis metafisik saya (lirik puisi) menggambarkan kesengsaraan diri yaitu manusia tidak bisa kembali kemasa lalu maka sebelum bertindak hendaklah berfikir terlebih dahulu. Kata kunci: puisi Ma Ba’da Rahilissamsi, Farouq Juwaidah, analisis strata norma Roman Ingarden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ridwan, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: puisi Ma Ba’da Rahilissamsi, Farouq Juwaidah, analisis strata norma Roman Ingarden.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Mar 2019 08:20
Last Modified: 18 Mar 2019 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32423

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum