Arif, Mahmud (2018) MENYOAL ISLAM DAN PENDIDIKAN Perspektif Kritis Intelektual Muslim. Buku, - (-). Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-53025-5-8
![]()
|
Image
SAMPUL - MAHMUD ARIF - MENYOAL ISLAM DAN PENDIDIKAN.jpg - Cover Image Download (118kB) | Preview |
|
![]() |
Archive (MENYOAL ISLAM DAN PENDIDIKAN Perspektif Kritis Intelektual Muslim)
MAHMUD ARIF - MENYOAL ISLAM DAN PENDIDIKAN.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Secara konseptual, Islam dipilahkan menjadi normatif dan historis. Islam normatif adalah doktrin, ajaran atau wahyu Ilahi yang tiada perlu lagi diragukan kebenarannya sehingga tidak produktif untuk “dikritisi”. Sementara itu, Islam historis adalah manifestasi empirik keberislaman baik dalam ranah pemahaman, pemikiran, keyakinan, dan penghayatan, maupun dalam ranah aplikasi, pengamalan, dan produk kultural. Islam historis layak dikritisi mengingat ia lengket dengan aspek-aspek temporalitas dan kontekstualitas. Selain itu, ia juga “berjarak” dengan Islam normatif; keduanya tidaklah identik kendati memang saling terkait bahkan berkelindan. Pemilahan konseptual tersebut dibutuhkan sebagai titik pijak dalam menyoal, mengkritisi, mengapresiasi, atau melestarikan manifestasi normatif dan historis Islam. Salah paham mengenai Islam sangat mungkin berpangkal dari sudut pandang yang tidak memilahkan dua fakta Islam tersebut. Dalam realitasnya, salah paham terbukti tidak hanya terjadi pada pihak “luar” ketika melihat Islam, melainkan juga dialami oleh umat Islam sendiri yang kemudian diejawantahkan dalam pola keberislaman yang menyimpang sebagaimana kondisi faktual umat Islam yang pernah dikritisi Abduh dan tokoh pembaru lain.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Islam, pendidikan |
Subjects: | ISLAM DAN PENDIDIKAN |
Divisions: | Buku |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 17 Jan 2019 13:10 |
Last Modified: | 17 Jan 2019 13:12 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32496 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |