IMPLEMENTASI PERBUP GUNUNGKIDUL NOMOR 36 TAHUN 2015 TE TANG PENCEGAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK (STUDI KEC. SEMIN, KAB. GUNUNGKIDUL)

NANI FITRIANA, NIM. 14370051 (2018) IMPLEMENTASI PERBUP GUNUNGKIDUL NOMOR 36 TAHUN 2015 TE TANG PENCEGAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK (STUDI KEC. SEMIN, KAB. GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERBUP GUNUNGKIDUL NOMOR 36 TAHUN 2015 TE TANG PENCEGAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK (STUDI KEC. SEMIN, KAB. GUNUNGKIDUL))
14370051_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERBUP GUNUNGKIDUL NOMOR 36 TAHUN 2015 TE TANG PENCEGAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK (STUDI KEC. SEMIN, KAB. GUNUNGKIDUL))
14370051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sebagai pelaksanaan otonomi daerah Pemda Kabupaten Gunungkidul mempunyai hak untuk mengatur daerahnya sendiri. Hak tersebut digunakan dalam bentuk kebijakan terhadap permasalahan pernikahan di bawah umur berupa Perbup Gunungkidul Nomor 36 Tahun 2015 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak. Dalam Perbup tersebut berisi tentang pencegahan perkawinan pada usia anak yang dilakukan salah satunya oleh Pemerintah Desa. Pernikahan di bawah umur menjadi permasalahan sosial yang begitu kompleks. Pernikahan tersebuat diantaranya menjadikan rendahnya pendidikan anak dan dapat menghambat pembangunan daerah. Pada tahun 2014 Kabupaten Gunungkidul menempati kasus pernikahan usia anak paling tinggi di DIY. Penyusun melakukan penelitian di Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul, dikarenakan belum pernah diadakan penelitian sebelumnya terkait Perbup ini di Desa Semin dan dibanding desa-desa lainnya yang ada di Kecamatan Semin Desa Semin memiliki daftar pernikahan di bawah umur paling banyak serta kasus perceraian paling banyak. Hal tersebut dapat menjadi faktor pernikahan di bawah umur. Maka diperlukan suatu implementasi dalam pelaksanaan perbup untuk mengetahui efektif tidaknya Perbup yang dilakukan oleh pemerintah desa dalam meminimalisir angka pernikahan di bawah umur yang ada di tingkat desa. Peneliti menggunakan teori maslahah mursalah dari al-Ghazali. Prinsip dari maslahah yaitu meraih manfaat atau menghindarkan kemudharatan dalam memelihara tujuan syara’. Terpeliharanya tujuan dari syari’ah mengacu pada pemeliharaan lima prinsip dasar agama (adl-Dlaruriyat al-Khamsah). Lima prinsip tersebut meliputi hifdz an-nafs (menjaga keselamatan jiwa dan raga), hifdz al-‘aql (menjaga akal), hifdz an-nasl (menjaga keturunan), hifdz al-mal (menjaga harta), dan hifdz ad-din (menjaga agama). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Perbup Gunungkidul Nomor 36 Tahun 2015 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak yang dilakukan oleh Pemdes Semin sudah cukup optimal dilaksanakan. Hal ini dilihat dari mayoritas masyarakat Semin yakni para orangtua yang telah melaksanakan Perbup sebagaimana tercantum pada Pasal 6 diantaranya memberikan pemahaman kepada anak tentang kesehatan reproduksi, memberikan pemahaman tentang pentingnya kejujuran dan memberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan serta melanjutkan pendidikan. Dikatakan cukup optimal sebagaimana upaya-upaya Pemdes yang telah dilakukan yakni berupa membentuk Satgas, sosialisasi kepada masyarakat secara umum, sosialisasi khusus remaja, pelatihan desa bina keluarga sakinah, melakukan kegiatan pencegahan perkawinan pada usia anak bekerjasama dengan UPT Puskesmas, KUA, dan Karangtaruna, sosialisasi oleh KUA, serta pembinaan pra nikah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SITI JAHROH, S.H.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Implementasi Perbup, perkawinan pada usia anak, maslahah mursalah.
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jan 2019 10:02
Last Modified: 18 Jan 2019 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32523

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum