UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN LABIRIN KARDUS DI RA AR RAFIF KALASAN SLEMAN

PUJI LESTARI, NIM. 14430087 (2018) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN LABIRIN KARDUS DI RA AR RAFIF KALASAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN LABIRIN KARDUS DI RA AR RAFIF KALASAN SLEMAN)
14430087_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN LABIRIN KARDUS DI RA AR RAFIF KALASAN SLEMAN)
14430087_BAB-II_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak kelompok B RA Ar Rafif Kalasan melalui permainan labirin kardus. Permainan yang digunakan dibatasi pada permainan labirin kardus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model penelitian oleh Kurt Levin. Subyek penelitian siswa kelompok B (usia 5-6 tahun) Tahun ajaran 2017/2018 RA Ar Rafif Kalasan yang berjumlah 18 anak. Pada penelitian tindakan kelas ini, objek penelitian adalah meningkatkan kognitif anak melalui permainan labirin dari kardus pada anak kelas B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80% dari 18 anak yang mampu mencari lintasan dan mencocokan gambar benda pada labirin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain labirin kardus yang dilakukan melalui 1) stimulasi mencari lintasan labirin, 2) stimulasi mencocok gambar benda. Penelitian dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria sangat baik. Hasil perolehan persentase siklus II menunjukan peningkatan sesuai indikator keberhasilan. Siklus II indikator mencari lintasan sebesar 95,67% dan mencocokan gambar benda sebesar 94,44%. Saat dilakukan obsevasi pra tindakan, indikator mencari lintasan sebesar 16,66% dan indikator mencocokan gambar benda 22,22%. Pelaksanaan pra tindakan menunjukan kurang dari indikator keberhasilan yang dituntukan. Pada tindakan siklus I menunjukan adanya peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan. Siklus I indikator mencari lintasan labirin sebesar 33,33%, dan mencocokan gambar benda sebesar 38,89%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.,
Uncontrolled Keywords: perkembangan kognitif, permainan labirin kardus.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Jan 2019 10:04
Last Modified: 18 Jan 2019 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum