KONTEKSTUALISASI KONSEP PEMILIHAN PEMIMPIN PERSPEKTIF AL-QUR’AN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KOMPARASI TAFSIR Q.S. AL- BAQARAH AYAT 30-34 DALM KITAB TAFSIR AL- AL-MISBAH DAB TAFSIR AL-AZHAR)

ALI SUSANTO, NIM. 11470109 (2018) KONTEKSTUALISASI KONSEP PEMILIHAN PEMIMPIN PERSPEKTIF AL-QUR’AN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KOMPARASI TAFSIR Q.S. AL- BAQARAH AYAT 30-34 DALM KITAB TAFSIR AL- AL-MISBAH DAB TAFSIR AL-AZHAR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTEKSTUALISASI KONSEP PEMILIHAN PEMIMPIN PERSPEKTIF AL-QUR’AN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KOMPARASI TAFSIR Q.S. AL- BAQARAH AYAT 30-34 DALM KITAB TAFSIR AL- AL-MISBAH DAB TAFSIR AL-AZHAR))
11470109_COVER _ BAB I _ BAB_ IV DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (KONTEKSTUALISASI KONSEP PEMILIHAN PEMIMPIN PERSPEKTIF AL-QUR’AN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KOMPARASI TAFSIR Q.S. AL- BAQARAH AYAT 30-34 DALM KITAB TAFSIR AL- AL-MISBAH DAB TAFSIR AL-AZHAR))
11470109_BAB II_ DAN_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam sebagai pemegang kekuasaan masyarakat dan bangsa adalah pemimpin, maka keberadaan seorang pemimpin bagi suatu kelompok masyarakat sangat penting artinya, oleh karena pemimpinlah yang sangat menentukan maju mundurnya kelompok masyarakiat itu. Kalau suatu kelompok masyarakat mempunyai pemimpim-pemimpin yang baik maka masyarakat akan cepat mengalami kemajuan, terlebih dalam suatu kelompok lembaga pendidikan yaitu pentingnya peran pemimpin dengan kepemimpinan yang memadai. Kepemimpinan pendidikan Islam yang idealnya membawa misi seluruh kebutuhan hidup Muslim dan perubahan-perubahan yang terjadi, pada kenyataanya selama ini masih belum dapat berjalan dengan baik. Berbaga ipendapat pun bermunculan bahwa lembaga pendidikan Islam mengalami krisis pemimpin yang menjadi teladan dan mampu mengangkat lembaga pendidikan Islam dari berbagai persoalan ini. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Mengungkap konsep pemilihan pemimpin perspektif Q.S. Al Baqarahayat 30- 34 dalam tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Azhar ; (2) Mengungkapkontekstualisasi konsep pemilihan pemimpin perspektif al-Quran dalam lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini adalah Konsep pemilihan pemimpin perspektif Q.S. al- Baqarahayat 30-34 yang terdapat dalam kitab Tafsir al-Misbah dan Tafsir al- Azhar bahwa setidaknya terdapat empat hal yang hendaknya dijadikan landasan normative dalam pemilihan pemimpin ( kepala ) sekolah atau madrasah yaitu : (1)Pemimpin harus melalui proses seleksi; (2) Pemimpin harus mempunyai kompetensi dan ilmu pengetahuan yang luas; (3) Pemimpin harus memiliki sifat yang jujur(Sidiq); (4) Memiliki kewibawaan sehingga akan dihargai dan disegani oleh anggota yang dipimpinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kontekstualisai,Pemilihan Pemimpin, Tafsir al-Misbah dan Al- Azhar.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Jan 2019 08:26
Last Modified: 21 Jan 2019 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32557

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum