PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP BERBASIS PESANTREN DI SMP DARUL MA’ARIF BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG

ARIS HIDAYAT, NIM. 11470153 (2018) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP BERBASIS PESANTREN DI SMP DARUL MA’ARIF BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP BERBASIS PESANTREN DI SMP DARUL MA’ARIF BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG)
11470153_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP BERBASIS PESANTREN DI SMP DARUL MA’ARIF BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG)
11470153_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

2018. Penelitian ini berdasarkan fenomena-fenomena yang sudah terjadi bahwa peran seorang pemimpin suatu lembaga pendidikan sangatlah penting dan sangat berpengaruh terhadap kemajuan maupun perkembangan prestasi lembaga pendidikan seperti madrasah. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah Bagaimana Kepala Sekolah Berperan penting dalam Meningkatkan Mutu sekolahan, Guru dan Murid, Mengetahui Bagaimana Konsep SMP Bebasis Pesantren Yang di Laksanakan dan Mengetahui Proses Maupun Hasil Dari Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMP Darul Ma’arif Banyuputih kabupaten Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan peran kepala sekolah SMP Darul Ma’arif Banyuputih kabupaten Batang berupa rencana, proses, evaluasi pembelajaran, dan tindak lanjutnya berupa pengayaan bagi siswa yang telah berhasil baik dan perbaikan bagi siswa yang belum berhasil tuntas dan kegiatan dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik validitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Konsep Sekolah berbasis pesantren di SMP Darul Ma’arif Banyuputih kabupaten Batang merupakan model lembaga pendidikan yang terpadu dengan penguitegrasian system pendidikan umum dan system pendidikan agama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, sehinga menjadi sumber daya manusia yang cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual di tengah persaingan global. 2) peran kepala Sekolah sudah berjalan secara efektive, Merujuk dari indikator yang sudah dijelaskan diatas bahwa kepala SMP Darul Ma’arif Banyuputih kabupaten Batang telah melakukan tugasnya mensosialisasikan visi dan misi sekolah, ,kepala sekolah memberikan dukungan terhadap pembelajaran, kepala sekolah melakukan pemantauan terhadap proses belajar mengajar. 3) Prestasi Sekolah yang sudah diraih antara lain sekolah diriwayatkan nasional SMP Darul Ma’arif mampu menduduki peringkat ke-3 nilai terbaik hasil UN mata pelajaran Matematika se kab. Batang. Di tahun sebelumnya Darul Ma’arif juga mampu mendapatkan juara dua olimpiade sains dan ilmu al-qur’an(OASIS) yang diadakan oleh sekolah berbasis pesantren seprovinsi jawa tengah di pondok modern Selamat Kendal”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H.M. Jamroh Latief,M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Peningkatan prestasi belajar siswa
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Jan 2019 08:40
Last Modified: 21 Jan 2019 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum