KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTS NU 01 BANYUPUTIH BATANG

MUHAMAD AFIFUL LATIF, NIM. 11470154 (2018) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTS NU 01 BANYUPUTIH BATANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTS NU 01 BANYUPUTIH BATANG)
11470154_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Updated Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTS NU 01 BANYUPUTIH BATANG)
11470154_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kreativitas guru pendidikan agama islam adalah kemampuan guru yang memegang mata pelajaran pendidikan agama Islam untuk mengekspresikan dan mewujudkan potensi daya berpikirnya, sehingga menghasilkan sesuatu yang baru dan unit/mengkombinasikan sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih menarik. Oleh karenanya, seorang guru pendidikan agama Islam dituntut untuk menjadi pribadi yang kreatif dalam proses pendidikan. Pendidikan agama Islam mempunyai peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia, untuk itu setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan harus mendapat pendidikan, sebagai bekal kehidupan di dunia dan akhirat. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif. Yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar alami, peneliti sebagai instrument kunci, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya penulis menggunakan reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan data atau sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion verifiying). Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1). Dalam proses belajar mengajar kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam memilih metode pembelajaran adalah dengan menggunakan macam-macam metode pembelajaran yang dapat diterapkan, yaitu: a) metode ceramah, b) metode tanya jawab, c) metode tugas, dan d) metode demonstrasi. 2) Sedangkan kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam memilih dan memanfaatkan media pembelajaran diantaranya adalah Tape Recorder, teman sejawat, LCD proyektor, media kartu, gambar-gambar, dan TV. Yang semuanya sudah mencakup media visual, audio dan audio-visual. 3) terdiri dari; a) Pengelolaan siswa, dalam usaha pengelolaan siswa di kelas yang dilakukan guru di MTs NU 01 Banyuputih Batang adalah: Memberi petunjuk dengan bahasa yang mudah dipahami, Memberi kegiatan yang positif berupa tugas dan pertanyaan, Memberi perhatian verbal dan nonverbal kepada siswa, Memberi perhatian dan penghargaan atas usaha yang dilakukan siswa, Menunjukkan sikap tanggap, gerakan mendekati, dan memberi reaksi terhadap gangguan, Menegur dengan perkataan yang tidak menyinggung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Subiyantoro,M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru PAI
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Jan 2019 08:45
Last Modified: 21 Jan 2019 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum