KONTRIBUSI PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH DALAM MENGELOLA AMAL USAHA PENDIDIKAN DI KAWASAN BANGUNJIWO BARAT PERIODE 2010 - 2016

BENDRI SETIAWAN, NIM. 13490038 (2018) KONTRIBUSI PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH DALAM MENGELOLA AMAL USAHA PENDIDIKAN DI KAWASAN BANGUNJIWO BARAT PERIODE 2010 - 2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH DALAM MENGELOLA AMAL USAHA PENDIDIKAN DI KAWASAN BANGUNJIWO BARAT PERIODE 2010 - 2016)
13490038_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH DALAM MENGELOLA AMAL USAHA PENDIDIKAN DI KAWASAN BANGUNJIWO BARAT PERIODE 2010 - 2016)
13490038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penilitan ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap kemajuan lembaga pendidikan dini, dasar dan menengah di kawasan Bangunjiwo Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisais pengelolaan lembaga pendidikan di kawasan PRM Bangunjiwo Barat berdasarkan fungsi manajemen yang meliputi planing, organizing, actuating dan controlling. Hal ini penting diketahui karena secara struktural PRM Bangunjiwo Barat termasuk satuan terkecil dari organisasi Muhammadiyah yang secara legal tidak memiliki wewenang untuk mendirikan lembaga formal berupa sekolah/madrasah. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, oleh data dimulai dari transcribing, labelling, grouping, comparing, contrasting dan interpreting. Metode tersebut digunakan karena dianggap mampu mendeskripsikan dan mengetahui permasalahan secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Amal usaha pendidikan Muhammadiyah di kawasan Bangunjiwo Barat didirikan berdasarkan inisiatif dari anggota dan warga masyarakat di bahan PRM Bangunjiwo Barat. Kemudian sebagai pengurus umat PRM memfasilitasi dalamm proses pendirian hingga pengelolaannya. (2) Bentuk pengelolaan lembaga oleh PRM yaitu: planing, perencanaan dan kesepakatan organisasi dengan analisis keadaan lingkungan, organizing, merupakan upaya PRM untuk membagi kinerja sesama anggota dengan membentuk unit kerja atau panitia, actuating, proses pendirian dan pengelolaan amal usaha pendidikan hingga dapat lancar dalam kegiatan belajar pengajaran, controlling, pengawasan yang dilakukan PRM masih belum dilakukan dengan baik, sehingga masih terkesan tidak ada evaluasi untuk lembaga pendidikan Muhammadiyah yang sudah berdiri. (3) Budaya kepemimpinan PRM Bangunjiwo Barat mengaplikasikan tipe pemimpin profesional dimana seorang pemimpin mampu merangsang para anggotanya untuk mengembangkan dan menggunakan kemampuannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Pengelolaan, Amal usaha Pendidikan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Jan 2019 08:12
Last Modified: 23 Jan 2019 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32619

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum