STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT BELAJAR DI PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN PANGANDARAN JAWA BARAT

MELLA YULIA AGUSTINE, NIM. 13490050 (2018) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT BELAJAR DI PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN PANGANDARAN JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT BELAJAR DI PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN PANGANDARAN JAWA BARAT)
13490050_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA ready.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT BELAJAR DI PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN PANGANDARAN JAWA BARAT)
13490050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (838kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman persaingan antar lembaga pendidikan semakin kompetitif. Namun daya tarik masyarakat untuk menuntut ilmu di pesantren Sabilil Muttaqien Pangandaran tidak semakin surut. Melihat fenomena ini peneliti tertarik untuk meneliti tentang strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat belajar di pesantren Sabilil Muttaqien Pangandaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran jasa pendidikan, tanggapan masyarakat serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pemasaran jasa pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pertama memaparkan tentang Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di Pesantren Sabilil Muttaqien Pangandaran yang terdiri dari tujuan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di Pesantren Sabilil Muttaqien Pangandaran dan taktik pemasaran jasa pendidikan yang meliputi 7P: product (produk); jasa pendidikan yang ditawarkan, price (harga); penentuan harga pendidikan, place (tempat); jasa diberikan, promotion (promosi); yang dilakukan, people (SDM); kualitas, kualifikasi, dan kompetensi SDM yang dimiliki, physical evidance (bukti fisik); sarana dan prasarana yang dimiliki, process (proses); jasa pendidikan. Kedua, tanggapan masyarakat terhadap keberadaan pesantren sabilil muttaqien pangandaran yang diungkapkan oleh para wali santri, alumni dan santri. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melakukan pemasaran jasa pendidikan di pesantren Sabilil Muttaqien Pangandaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nur Rohmah, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pesantren, Pemasaran Jasa Pendidikan, Minat Masyarakat.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Jan 2019 08:19
Last Modified: 23 Jan 2019 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32621

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum