PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM)MATA AKSARA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN MASYARAKAT TEGAL MANDING, SLEMAN, YOGYAKARTA

MUHAMAD WIFQI MAULANA, NIM. 13490059 (2018) PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM)MATA AKSARA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN MASYARAKAT TEGAL MANDING, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM)MATA AKSARA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN MASYARAKAT TEGAL MANDING, SLEMAN, YOGYAKARTA)
13490059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM)MATA AKSARA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN MASYARAKAT TEGAL MANDING, SLEMAN, YOGYAKARTA)
13490059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap keberadaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mata Aksara. TBM yang didirikan pada tahun 2010 dan diresmikan pada tahun 2012 ini fokus pada pengembangan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Berbagai kegiatan yang diadakan oleh TBM Mata Aksara dinilai bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga TBM Mata Aksara meraih banyak penghargaan dan dinobatkan sebagai salah satu TBM terbaik di Yogyakarta. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan TBM Mata Aksara dalam upaya meningkatkan pendidikan masyarakat sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah seluruh unsur yang terlibat dalam Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, catatan observasi dan dokumentasi. Peneliti menentukan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik non probability sampling dan snowballing sampling. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pengelolaan yang dilakukan oleh pengelola TBM Mata Aksara secara garis besar terlihat sederhana, namun tidak terlepas dari tujuan berdirinya TBM Mata Aksara yaitu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Proses perencanaan yang dilakukan oleh pengelola dengan membuat rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Hal itu dilakukan supaya proses pengelolaan TBM Mata Aksara dapat terukur tujuan dan hasil pencapaiannya. (2) Kegiatan TBM Mata Aksara dirasa sangat membantu bagi masyarakat sekitar. Hal itu disampaikan oleh beberapa orang tua yang melihat perubahan positif terhadap putra-putrinya setelah mengikuti kegiatan di TBM Mata Aksara.(3) Faktor pendukung bagi TBM Mata Aksara adalah timbal balik yang diberikan oleh masyarakat. Ketika masyarakat memberikan tanggapan positif, berarti keberadaan TBM Mata Aksara bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga hal itu menjadi motivasi pengelola untuk terus mengadakan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Adapun faktor penghambat dalam proses pengelolaan TBM Mata Aksara adalah minimnya sumber daya manusia yang terlibat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edy Yusuf Nur, SS,MM, Msi
Uncontrolled Keywords: TBM Mata Aksara, Pengelolaan dan Peningkatan Pendidikan Masyarakat
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Jan 2019 08:28
Last Modified: 23 Jan 2019 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32623

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum