MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENYANDANG TUNANETRA (STUDI KASUS 2 MAHASISWA DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Yauman Fadil, NIM 11220078 (2018) MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENYANDANG TUNANETRA (STUDI KASUS 2 MAHASISWA DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENYANDANG TUNANETRA (STUDI KASUS 2 MAHASISWA DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
11220078_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENYANDANG TUNANETRA (STUDI KASUS 2 MAHASISWA DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
11220078_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang Motivasi Belajar Mahasiswa Penyandang Tunanetra (Studi Kasus 2 Mahasiswa Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti, untuk mendapatkan data data yang relevan. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif yaitu mengelola data dan melaporkan apa yang diperoleh setelah penelitian berlangsung secara cermat dan teliti, serta memberikan interpretasi terhadap data itu terhadap suatu kebulatan yang utuh dengan menggunakan kata kata sehingga dapat menggambarkan obyek penelitian saat dilakukan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penilitian menunjukan bahwa walaupun mengalami ketunanetraan, motivasi selalu berkobar dan ada fondasi untuk melakukan kegiatan seperti mahasiswa lainnya. Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja motivasi belajar mahasiswa tunanetra Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang sudah penulis bagi menjadi dua factor yaitu (1) Motivasi intrinsik yang berasal dari peserta didik sendiri kemudian dapat mendorongnya melakukan tindakan belajar. Pun yang dimiliki oleh para mahasiswa tunanetra yang setelah diteliti dari hasil wawancara yang penulis lakukan ternyata motivasi dalam dirinya juga sangat mempengaruhi semangat untuk terus belajar diperkuliahan. (2) Motivasi ekstrinsik yang datang dari luar individu peserta didik, kemudian juga mendorongnya untuk melalukukan kegiatan belajar. Selain motivasi yang timbul dari dalam diri mahasiswa tunanetra, ada faktor-faktor dari luar diri mereka yang juga menjadi motivasi dalam proses belajar mereka diperkuliahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah,S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Tunanetra
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2019 09:54
Last Modified: 23 Jan 2019 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32630

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum