STRATEGI DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI SURVEY PADA PEDAGANG BATIK DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA)

ABD RASYID, NIM. 11240069 (2018) STRATEGI DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI SURVEY PADA PEDAGANG BATIK DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI SURVEY PADA PEDAGANG BATIK DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA))
11240069_BAB -I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI SURVEY PADA PEDAGANG BATIK DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA))
11240069_BAB -II_SAMPAI SEBELUM BAB TERAHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam mendirikan sebuah usaha, lokasi memiliki peranan yang penting terhadap keberlangsungan sebuah usaha. Karena dengan memiliki lokasi yang strategis akan membuat usaha semakin maju pesat. Meski begitu tak jarang kita melihat bahwa sebagian pedagang menjual dagangannya di tempat yang tidak semestinya, ada yang jualan di trotoar jalan, di depan kios orang lain, atau bahkan membuka lapak di pinggir jalan. Hal ini tentunya harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Tidak hanya itu, banyak pedagang di pasar Beringharjo yang mengeluh karena pendapatannya sedikit, hal itu dikarenakan berada di lokasi yang tidak strategis, berada di lorong dan gang yang sempit jauh dari keramaian. Tujuan utama dilakukannya penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana strategi distribusi yang digunakan pedagang dalam meningkatkan volume penjualan. (2) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam penerapan strategi distribusi. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau (field research)dengan menggunakan pendekatan kualitatifdeskriptif. Objek yang diambil dari penelitian ini yaitu strategi dalam memilih lokasi usaha serta kendala yang ditemukan dalam memilih lokasi usaha jasa. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pengusaha jasa yang bejumlah 7 orang pedagang batik yang ada di Pasar Beringharjo. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang batik di Pasar Beringharjo dalam penerapan strategi distribusi menggunakan strategi yang mempertimbangkan kepadatan pengunjung, strategi yang memperhatikan akses yang mudah dan nyaman untuk dilalui, strategi yang mempertimbangkan faktor lingkungan yang dekat dengan area yang mendukung, strategi yang mempertimbangkan biaya sewa kios yang murah, dan strategi yang memilih lokasi kios yang luas. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam pemilihan lokasi yaitu kendala akses dan jalan yang susah dilalui, kendala karena sewa ruko yang mahal, kendala adanya aturan pemerintah yang kurang sesuai, pesaing yang semakin banyak, kesulitan dalam pemasokan barang, dan jauh dari tempat parkir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Distribusi, Volume Penjualan, Pedagang Batik Pasar Beringharjo
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Jan 2019 10:03
Last Modified: 23 Jan 2019 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum