MARKETING COMMUNICATION MELALUI PROGRAM ESLUHA PARENTING CLUB (EPC) DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

NURUL FATHIYYAH, NIM. 14490012 (2018) MARKETING COMMUNICATION MELALUI PROGRAM ESLUHA PARENTING CLUB (EPC) DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MARKETING COMMUNICATION MELALUI PROGRAM ESLUHA PARENTING CLUB (EPC) DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
14490012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (MARKETING COMMUNICATION MELALUI PROGRAM ESLUHA PARENTING CLUB (EPC) DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
14490012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari kegelisahan peneliti terhadap rendahnya pelaksanaan program marketing communication di sekolah, terutama sekolah swasta. Sementara itu, tantangan globalisasi yang paling tinggi dan persaingan yang semakin meningkat, menuntut sekolah harus semakin mengembangkan marketing mix dan promotion mix. Pentingnya menjalin komunikasi dengan wali murid juga sangat mempengaruhi kesuksesan marketing communication.. Peneliti tertarik meneliti di SDIT Luqman Al Hakim karena merupakan salah satu sekolah swasta yang mampu mengembangkan program marketing communication, yang dapat dilihat dari adanya beberapa program unggulan dan mampu menjalin komunikasi dengan wali murid dan seluruh warga sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan dan hasil dari program Esluha Parenting Club (EPC), mengetahui pelaksanaan marketing communication dan mengetahui dampak dari pelaksanaan marketing communication melalui program EPC di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sasarannya adalah seluruh warga sekolah yang terlibat dalam kegiatan marketing communication dan program parenting. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam hal ini peneliti mengungkap mengenai marketing communication melalui program parenting bagi eksistensi sekolah di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SDIT Luqman Al Hakim melakukan komunikasi yang intensif dengan wali murid melalui program Esluha Parenting Club (EPC) dan Pertemuan Orang tua Murid dan Guru (POMG) yang sudah menjadi program rutin setiap tahunnya. Kegiatan parenting dilakukan dengan model prophetic parenting. Hasil dari adanya program EPC sudah bisa dirasakan oleh semua pihak, yaitu peserta didik, orang tua dan sekolah.(2) Pelaksanaan marketing communication di SDIT Luqman Al Hakim sudah mampu meningkatkan kualitas dan mutu sekolah, dilihat dari adanya beberapa program unggulan dan strategi pemilihan teknik promosi, sehingga proses marketing communication berjalan dengan efektif dan efisien. (3) Dampak dari pelaksanaan marketing communication melalui program parenting bagi eksistensi SDIT Luqman Al Hakim dapat dilihat dari menigkatnya kepercayaan masyarakat, terutama wali murid atas pelayanan pendidikan yang disajikan di SDIT Luqman Al Hakim sehingga mendorong untuk mempromosikannya kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Program Parenting, Prophetic Parenting, Strategi pemasaran (marketing mix), Promotion mix, Lembaga Pendidikan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Jan 2019 10:58
Last Modified: 23 Jan 2019 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum