METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SPIRITUAL DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS II A SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2017

ARUN SAPUTRA, NIM. 14240002 (2018) METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SPIRITUAL DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS II A SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SPIRITUAL DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS II A SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2017)
14240002_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SPIRITUAL DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS II A SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2017)
14240002_BAB II_SD_BABSEBELUM TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan komponen yang sangat berpengaruh pada suatu organisasi maupun lembaga. Sumber daya manusia yang berkompeten maka lembaga tersebut mampu mencapai tujuan dan visi misinya. Penelitian ini membahas tentang pengembangan sumber daya manusia berbasis spiritual di Lapas Narkotika klas II A Sleman Yogyakarta. Lapas narkotika Klas II A Sleman Yogyakarta merupakan sebuah lembaga pemasyarakatan yang khusus melaksanakan pembinaan terhadap narapidana dalam kasus penyalahgunaan narkotika dan psikotropika. Lapas narkotika Klas II A Sleman Yogyakarta harus mampu mengembangkan potensi sumber daya manusia yang ada di dalam lapas sehingga akan mampu merubah prilaku di dalam kehidupan dimasyarakat setelah keluar dari lembaga pemasyarakatan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa sistem pengembangan sumber daya manusia yang belum maksimal sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengambilan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan adalah trianggulasi sumber data dan trianggulasi pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan, pembina, dan warga binaan dan yang menjadi obyek adalah Metode Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Spiritual Di Lapas Narkotika Klas II A Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengembangan sumber daya manusia manusia berbasis spiritual di Lapas Narkotika Klas II A Sleman Yogyakarta adalah menggunakan dua metode yaitu Metode pelatihan dan metode pendidikan dimana metode pendidikan terdiri dari pelatihan Hadroh, pelatihan seni kaligrafi Al- Qur’an, pelatihan Khutbah. Sedangkan metode pendidikan terdiri dari pendidikan belajar Al-Quran yang dikelompokan menjadi dua yaitu belajar membaca Iqra’ dan belajar membaca Al-quran. Pendidikan kepemimpinan didalam rumah tangga, pendidikan penyuluhan Narkoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nurmahni, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Metode Pengembangan SDM. Spiritual. Lapas Narkotika.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Jan 2019 10:55
Last Modified: 23 Jan 2019 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum