MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA

ZULFIANDI, NIM. 14490023 (2018) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA)
14490023_BABI_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA)
14490023_BAB_II_SAMPAI_BABV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kualitas pendidikan Madrasah Aliyah di Provinsi DIY masih tergolong rendah dibandingkan dengan Sekolah Menengah Atas Umum. Berdasarkan hasil UNBK pada tahun ajaran 2016/2017 lembaga pendidikan Madrasah Aliyah menempati posisi ke 11 yang diwakili oleh MAN 1 Yogyakarta. Madrasah Aliyah merupakan lembaga pendidikan yang banyak tumbuh di Provinsi DIY. Data yang diperoleh dari Kementrian Agama tahun 2017 terdapat 13.041 siswa Madrasah Aliyah yang tersebar di 47 Madrasah Aliyah. Hal ini menunjukan Madrasah Aliyah cukup diminati, sehingga tidak sedikit lulusan yang dihasilkan oleh Madrasah Aliyah. Hal ini mengharuskan Madrasah Aliyah untuk meningkatkan kualitas yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kesiswaan dan upaya-upaya yang dilakukan, faktor penghambat pelaksanaan manajemen kesiswaan, serta hasil dari manajemen kesiswaan yang telah dilaksanakan di MAN 4 Bantul dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil latar belakang MAN 4 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumntasi. Analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan manajemen kesiswaan di MAN 4 Bantul sudah terlaksana dengan cukup baik. Hasil tersebut dapat dilihat pada pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB), penyeleksian siswa baru, kegiatan pembinaan siswa, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan OSIS. Upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berkaitan dengan manajemen kesiswaan adalah meningkatkan kedisiplinan siswa, program pencegahan kenakalan remaja, menambah fasilitas kegiatan ekstrakurikuler, vi mengirimkan siswa ke berbagai perlombaan akademik maupun non akademik, pemberian motivasi belajar kepada siswa, dan pemberian arahan melanjutkan pendidikan selanjutnya. (2) faktor penghambat pelaksanaan manajemen kesiswaan adalah kurangnya fasilitas, kurangnya keaktifan OSIS, dan kurangnya tenaga pendidik kegiatan ekstrakurikuler. (3) hasil yang diperoleh dari pelaksanaan manajemen kesiswaan adalah meningkatnya prestasi akademik, meningkatnya prestasi non akademik siswa, dan lulusan MAN 4 Bantul diterima di perguruan tinggi Negeri maupun swasta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edy Yusuf Nur
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kesiswaan, Mutu Pendidikan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Jan 2019 11:08
Last Modified: 23 Jan 2019 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32645

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum