MODEL PENDEKATAN ISMA BEHAVIOR THERAPY UNTUK ANAK ATTENTION DEFICIT-HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN SPECIAL CHILDREN YOGYAKARTA

Desi Alawiyah, NIM : 1620310042 (2018) MODEL PENDEKATAN ISMA BEHAVIOR THERAPY UNTUK ANAK ATTENTION DEFICIT-HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN SPECIAL CHILDREN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL PENDEKATAN ISMA BEHAVIOR THERAPY UNTUK ANAK ATTENTION DEFICIT-HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN SPECIAL CHILDREN YOGYAKARTA)
1620310042_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENDEKATAN ISMA BEHAVIOR THERAPY UNTUK ANAK ATTENTION DEFICIT-HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN SPECIAL CHILDREN YOGYAKARTA)
1620310042_ BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sampai saat ini banyak sekali model pendekatan terapi yang diterapkan pada anak yang memiliki riwayat ADHD. Namun setiap terapi memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Model IBT ini mengkombinasikan terapi medis, psikoterapi berbasis pesantren bagi anak ADHD. Melalui metode penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus, penulis meneliti tentang penerapan dari pendekeatan isma behavior therapy, faktor pendukung dan penghambat, serta pengalaman dari santri ADHD. Guna menghasilkan keakuratan data yang mendukung penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen dengan melibatkan pengasuh pesantren, guru sekaligus terapis, santri ADHD dan juga orang tuanya sebagai subjek penelitian. Untuk membuat kesimpulan yang mudah dipahami, penulis mengguna kan teknik analisis data yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama, model pendekatan Isma behavior therapy merupakan pendekatan yang teori dasarnya adalah teori belajar dalam pendektan ini berpandangan bahwa seseorang yang memiliki keimanan dan kedekatan kepada Tuhan merupakan kekuatan yang sangat berarti dalam proses terapi sehingga pelaksanan dari model pendekatan IBT beruapa Assemen, Goal Setting, Pola pembiasaan perilaku, Teknik perubahan perilaku, Pengkontrolan dan Evaluasi. Kedua, pengalaman terapi IBT pada anak ADHD, anak mendapatkan teknik terapi yakni penguatan positif, penghapusan, token economy, penjenuhan, dan penghapusan. Kata Kunci: Model Pendekatan Isma Behavior Therapy, Anak ADHD

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah., M.Si., P.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pendekatan Isma Behavior Therapy, Anak ADHD
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Feb 2019 08:24
Last Modified: 25 Feb 2019 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum