ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA

HETI NUR ENDAHSARI, NIM. 14490031 (2018) ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA)
14490031_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA)
14490031_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kebijakan yang diterapkan di pondok pesantren Al-Imdad salah satunya yaitu berkaitan dengan kualitas atau mutu dari ustadz/ustadzah. Setiap lembaga pedidikan tentunya memiliki keunggulan tersendiri dalam pengembangannya. Pengembangan mutu atau kualitas ustadz/ustadzah di pondok pesantren Al-Imdad dilakukan dengan cara perekruitan anggota yang diambil dari alumni MA Unggulan Al-Imdad, yang kemudian dididik dan diberi arahan supaya menjadi ustadz/ustadzah yang memahami ajaran agama secara mendalam agar dapat mengamalkan ilmunya. Hal tersebut sudah menjadi salah satu kebijakan yang diterapkan di pondok pesantren Al-Imdad. Untuk mengetahui penilaian kinerja dari ustadz/ustadzah tersebut maka dapat dilihat dari keaktifan dalam mengajar. Salah satu yang menjadi keistimewaan dari ustadz/ustadzah di pondok pesantren Al-Imdad yaitu bagi setiap ustadz/ustadzah tidak diberikan bisyarah atau gaji seperti di lembaga formal, melainkan hanya dengan mengharap ridho Allah SWT semata. Untuk hal tersebut maka diperlukan sebuah komitmen yang sangat kuat dalam menjalaninya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian apa adanya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian dituangkan dalam bentuk deskripsi atau narasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu Kyai pemilik pondok pesantren Al-Imdad, Ustadz/ustadzah pengajar kitab dan tahfidz al-qur’an, dan Pengurus pondok pesantren Al-Imdad, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah proses pengembangan yang berkaitan dengan mutu ustadz/ustadzah di pondok pesantren Al-Imdad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk pengembangan mutu ustadz/ustadzah dilakukan dengan: (1) Memanfaatkan sumber daya manusia dari proses perekruitan alumni MA Al-Imdad untuk menjadi ustadz/ustadzah kemudian dilakukan pembagian materi hingga ditetapkan menjadi ustadz/ustadzah di kelas. (2) Untuk penilaian kinerja ustadz/ustadzah dilakukan dengan pengecekan jurnal dan absen sehingga dapat dilihat dari aspek keaktifan dalam mengajar. (3) Didalam proses pengembangan ustadz/ustadzah tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Yang menjadi faktor pendukung meliputi pengabdian alumni, pengalaman ustadz/ustadzah, dan komitmen serta tekad yang kuat dari ustadz/ustadzah. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain ghirah atau semangat dalam mengajar, kapasitas ustadz/ustadzah yang kurang memadai, serta bisyarah atau gaji yang belum diberikan secara formal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nurrohmah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Pengembangan, Mutu ustadz/ustadzah
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Jan 2019 14:35
Last Modified: 23 Jan 2019 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32666

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum