MANAJEMEN MUJAHADAH DALAM MEMBENTUK PERILAKU RELIGIUS SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA

SITI QONIATUL MAGHFIROH, NIM. 14490041 (2018) MANAJEMEN MUJAHADAH DALAM MEMBENTUK PERILAKU RELIGIUS SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN MUJAHADAH DALAM MEMBENTUK PERILAKU RELIGIUS SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14490041_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN MUJAHADAH DALAM MEMBENTUK PERILAKU RELIGIUS SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAHAT KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14490041_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya modernisasi membawa dampak yang besar bagi umat manusia. Pada satu sisi, modernisasi mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun di sisi lain, banyak dampak negatif dari modernisasi yang juga muncul, seperti perubahan perilaku masyarakat yang cenderung individualis dan menjauh dari nilai-nilai spiritual. Dalam keadaan demikian, pondok pesantren, tampil sebagai suatu institusi pendidikan non-formal berbasis agama yang meskipun sudah mulai memodernisasi gaya edukasinya, akan tetapi masih memertahankan tradisi ritual ulama-ulama salaf. Salah satu tradisi tersebut ialah mujahadah. Mujahadah menjadi ritual yanbg dijalankan oleh santri untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berdasarkan paparan tersebut, penulis hendak meneliti bagaimana manajemen mujahadah di sebuah pesantren serta bagaimana pengaruhnya terhadap religiusitas para santrinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data dengan cara mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen mujahadah di pesantren Nurul Ummahat telah tersusun secara sistematis mulai dari perencanaan, sampai pengawasan. Manajemen yang ketat itu kemudian membuat santri setiap hari melaksanakan mujahadah, sehingga dari rutinitas tersebut terbentuklah religiusitas santri yang dapat dilihat dari 5 dimensi. Pertama dimensi keyakinan, santri meyakini bahwa dengan mujahadah mereka akan dekat dengan Tuhan dan mendapat berkah untuk diri mereka serta keturunannya kelak. Kedua, dimensi praktik, saat seluruh santri mengikuti mujahadah setiap hari dan tetap berusaha rajin melakukannya, meskipun dalam kondisi haid maupun mengantuk. Ketiga, Dimensi pengalaman, dalam bermujahadah santri secara otomatis berintropeksi diri, mereka merasakan ketenangan dan kemudahan dalam setiap langkah hidupnya. Keempat, Dimensi pengetahuan, yaitu rata-rata santri memaknai mujahadah sebagai ritual zikir dan berdoa dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an, yang gunanya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Terakhir, dimensi pengamalan, yaitu dalam keseharianya santri terbiasa toleransi dengan umat yang selain muslim, tidak mudah emosi, ikhlas dan sabar serta bertanggung jawab dengan segala perbuatan yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zaenal Arififin, M.si
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Mujahadah, Pesantren, Religiusitas, Santri
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Jan 2019 08:28
Last Modified: 24 Jan 2019 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32680

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum