MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DI BIDANG SENI SANTRI PONDOK PESANTREN AN NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA

INDAH AYU PRATIWI, NIM. 14490045 (2018) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DI BIDANG SENI SANTRI PONDOK PESANTREN AN NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DI BIDANG SENI SANTRI PONDOK PESANTREN AN NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
14490045_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DI BIDANG SENI SANTRI PONDOK PESANTREN AN NUR NGRUKEM SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
14490045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan ekstrakurikuler di pondok pesantren. Penelitian bertujuan untuk menganalisis manajemen ekstrakurikuler keagamaan yang meliputi hadroh, kaligrafi dan tilawah Al-Qur’an dalam upaya mengembangkan kreativitas di bidang seni santri Pondok Pesantren An nur Ngrukem Sewon Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Pondok Pesantren An nur Ngrukem Sewon Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menganalisis dan mengolah data yang telah didapat di lapangan mulai dari transkip sampai dengan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Manajemen ekstrakurikuler keagamaan di pondok pesantren An Nur adalah: (a) perumusan tujuan ekstrakurikuler, (b) perekrutan santri, pengelompokan santri, penentuan pelatih dan anggaran dana untuk kegiatan ekstrakurikuler (c) penentuan waktu dan tempat, penggunaan metode yang digunakan pelatih dalam menyampaikan materi, (d) pengawasan yang dilakukan saat kegiatan ekstrakurikuler berlangsung dan pada saat rapat. (2) Penerapan manajemen ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan kreativitas di bidang seni santri di pondok pesantren An Nur antara satu ekstra dengan ekstra lainnya sama, perbedaaannya hanya terletak pada materi dan metode yang digunakan pelatih. (3) Hasil dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan kreativitas di bidang seni santri adalah kegiatan ekstrakurikuler sebagai apresiasi seni yang diterapkan dalam ekstrakurikuler kaligrafi dimana santri menghayati dalam menulis kaligrafi, kegiatan ekstrakurikuler sebagai seni pembentukan konsepsi berupa kemampuan kogitif dalam mengembangkan ide-ide kreatif santri dan kegiatan ekstrakurikuler sebagai prestasi dengan hasil yang diperoleh ekstrakurikuler hadroh pada lomba-lomba yang diikuti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Ekstrakurikuler keagamaan, Pengembangan Kreativitas, dan Seni
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Jan 2019 09:00
Last Modified: 24 Jan 2019 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32689

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum