ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MAN 1 KULON PROGO YOGYAKARTA)

ANNAFILA TURIKHANA, NIM. 14490054 (2018) ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MAN 1 KULON PROGO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MAN 1 KULON PROGO YOGYAKARTA))
14490054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33MB)
[img]
Preview
Text (ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MAN 1 KULON PROGO YOGYAKARTA))
14490054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang penelitian ini bermula dari perkembangan MAN 1 Kulon Progo Yogyakarta yang semakin baik dan banyak peminatnya. Terbukti dengan meningkatnya jumlah siswa setiap tahunnya. Dulu setiap angkatan hanya 4 kelas saja, akan tetapi beberapa tahun ini naik menjadi 7 kelas setiap angkatannya. Di kabupaten Kulon Progo sendiri terdapat beberapa sekolah/ madrasah yang masing-masing memiliki strategi dalam menghadapi persaingan antar lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan lembaga pendidikan dalam menghadapi persaingan antar lembaga pendidikan. Dalam menganalisisnya menggunakan analisis SWOT dan 3 strategi bersaing yang meliputi keunggulan biaya, differensiasi dan fokus yang terdapat di MAN 1 Kulon Progo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MAN 1 Kulon Progo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara Triangulasi sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan analisis SWOT di MAN 1 Kulon Progo Yogyakarta sebagai strategi dalam menghadapi persaingan antar lembaga pendidikan dengan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. (2) Penerapan analisis SWOT dengan terlebih dahulu melakukan analisis terhadap aspek internal dan eksternal madrasah. (3) Hasil penerapan analisis SWOT di MAN 1 Kulon Progo Yogyakarta dengan menggabungkan SO (strengths-Opportunity), WO (Weaknesses-Opportunity), ST (Strengths-Threats) dan WT (Weaknesses- Threats). (4) Kemudian penerapan strategi bersaing yang meliputi keunggulan biaya, differensiasi dan fokus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Strategi Bersaing, Persaingan lembaga pendidikan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Jan 2019 09:13
Last Modified: 24 Jan 2019 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32693

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum