MOTIVASI DAN PROFESIONALISME KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI DOGA PATUK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

NURUL AMRINA, NIM. 14490089 (2018) MOTIVASI DAN PROFESIONALISME KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI DOGA PATUK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI DAN PROFESIONALISME KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI DOGA PATUK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
14490089_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI DAN PROFESIONALISME KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI DOGA PATUK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
14490089_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap motivasi guru di MI YAPPI Doga Patuk Guning Kidul yang tetap mengaktualisasikan diri menjadi guru walaupun gaji yang diterima tidak mencukupi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai motivasi dan profesionalisme kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Doga Patuk Gunung Kidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pengambilan data yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu faktor motivasi kerja, profesionalisme kerja guru yang dilihat dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Serta faktor pendukung dan penghambat motivasi dan profesionalisme kerja guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Motivasi kerja yang timbul dari dalam guru adalah: (a) pandangan bekerja adalah ibadah niat ikhlas dan mengharap kehidupan mulia di akhirat, (b) minat guru terhadap profesi guru yang timbul karena rasa nyaman, keluarga dan cita-cita semasa kecil, (c) sikap positif terhadap profesi guru menjadikan motivasi yang timbul dari dalam guru, (c) lingkungan kerja yang menyenangkan dan rekan kerja dengan rasa kekeluargaan. (2) Profesionalisme guru kurang baik yang dapat dilihat dari kompetensi pedagogik dan profesional diantaranya yaitu: (a) guru tidak membuat RPP dan tidak melakukan penilaian setiap pembelajaran serta tidak membuat jadwal dan agenda ulangan harian, (b) hanya terdapat 2 guru yang kualifikasi pendidikannya sesuai dengan bidang ajarnya bahkan terdapat guru yang belum sarjana, serta penguasaan materi yang kurang mendalam dan kedisiplinan guru masih kurang.(3) Faktor pendukung motivasi dan profesionalisme kerja terdiri dari: (a) pelatihan profesi guru, (b) kepala madrasah dalam memberikan motivasi terhadap guru, (c) tunjangan profesi sebagai harapan kesejahteraan guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu: (a) minimnya dana operasional madrasah, (b) kurangnya kesejahteraan guru sehingga guru mempunyai pekerjaan sambilan yang menghambat profesionalisme, (d) usia guru yang tidak lagi muda, (e) pandangan guru tentang bekerja adalah ibadah yang tidak dibarengi dengan kinerja yang bai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Miftahus Sa'dah S.PdI M.Ed
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja Guru, Profesionalisme Kerja Guru, Madrasah Ibtidaiyah.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Jan 2019 14:42
Last Modified: 25 Jan 2019 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32757

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum