UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PENCEGAHAN NAPZA DI KALANGAN REMAJA TAHUN 2014-2016

FIRAS GHAZI GUNAWAN, NIM. 13250019 (2018) UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PENCEGAHAN NAPZA DI KALANGAN REMAJA TAHUN 2014-2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PENCEGAHAN NAPZA DI KALANGAN REMAJA TAHUN 2014-2016)
13250019_BAB I, IV, DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[img] Text (UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PENCEGAHAN NAPZA DI KALANGAN REMAJA TAHUN 2014-2016)
13250019_BAB-II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam pencegahan Napza di kalangan remaja Yogyakarta, untuk mengetahui kendala yang mempengaruhi upaya Badan Narkotika Nasional Provinsi (DIY) dalam pencegahan Napza di kalangan remaja Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah bagian penyuluh pencegahan dan penanggulangan rehabilitas remaja korban Napza Badan Narkotika Nasioanl Provinsi, dan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan melakukan reduksi data, display data hingga penarikan kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya BNNP DIY dalam pencegahan Napza di kalangan remaja xi dilakukan melalui upaya pencegahan primer meliputi sosialisasi anti Napza langsung ke sekolah-sekolah dan lingkungan masyarakat, memanfaatkan media sosial seperti Instagram WhatsApp Facebook Radio lokal dan Nasional melalui Televisi Lokal dengan mengusung tema anti Napza, pencegahan, pembinaan ahlak, mengikutsertakan keluarga dalam kegiatan preventif bahaya Napza, menekankan kebijakan pencegahan Napza, meningkatkan kepercayaan diri remaja, melakukan pembinaan kepada remaja untuk meningkatkan potensi diri agar terhindar dari pengaruh penyalahgunaan Napza. Sedangkan upaya pencegahan sekunder meliputi konseling individu, konseling adiksi, dan konseling keluarga, menyediakan layanan pendaftaran pemeriksaan fisik hingga ke tahap penilaian dan rencana terapi bagi remaja korban pengguna Napza. Dalam hal ini juga BNNP DIY bekerja sama dengan pihak Kepolisian memberikan sanksi atau tindakan hukum kepada remaja yang terbukti dengan sengaja melakukan atau terlibat dalam praktik jual beli Napza yang membahayakan lingkungan sekitarnya. Kesimpulan mengenai kendala yang dihadapi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam upaya pencegahan Napza di kalangan remaja pada tahun 2014-2016, yaitu kendala dalam hal penegakan hukum, kendala dalam hal sarana dan prasarana, kendala dalam hal kesadaran masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos,I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Upaya Pencegahan Napza, Remaja, BNNP DIY.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Jan 2019 09:22
Last Modified: 29 Jan 2019 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32812

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum