PERAN GENDER DALAM STRATEGI KOPING UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI KASUS KELUARGA BURUH PABRIK DI DESA WALUYA, KECAMATAN CICALENGKA, KABUPATEN BANDUNG)

ISFIHANY FIDA, NIM. 14250032 (2018) PERAN GENDER DALAM STRATEGI KOPING UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI KASUS KELUARGA BURUH PABRIK DI DESA WALUYA, KECAMATAN CICALENGKA, KABUPATEN BANDUNG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GENDER DALAM STRATEGI KOPING UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI KASUS KELUARGA BURUH PABRIK DI DESA WALUYA, KECAMATAN CICALENGKA, KABUPATEN BANDUNG))
14250032_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GENDER DALAM STRATEGI KOPING UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI KASUS KELUARGA BURUH PABRIK DI DESA WALUYA, KECAMATAN CICALENGKA, KABUPATEN BANDUNG))
14250032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB)

Abstract

Penelitiaan ini dilatar belakangi oleh tantangan keluarga buruh pabrik di masyakarat Desa Waluya yang masih mempercayai adat istiadat yang kadang kala membelenggu pekembangan seseorang. Memunculkan persepsi bahwa perempuan dilahirkan untuk melakukan pekerjaan yang jauh lebih terbatas, seperti pekerjaan rumah tangga. Secara khusus penelitiaan ini bertujuan untuk menganalisis persepesi peran gender dengan pola pembagian kerja di sektor Produktif, Domestik dan Publik melibatkan suami dan isteri dalam aktivitas keluarga dengan rumusan masalah yang berfokus pada bagaimana peran gender dalam strategi koping dan bagaimana bentuk kesejahteraan keluarga buruh pabrik? Teori yang digunakan dalam penelitian ini pertama, teori kemitraan, keharmonisan dan kerjasama yang dinamakan dengan equilibrium, teori ini merupakan bagian dari teori kesetaraan gender. Kedua, teori koping keluarga atau strategi mempertahankan hidup dari ketegangan dan pemicu stress, koping terbagi kepada dua bagian yaitu intrafamilial (hubungan ke dalam) dan ekstrafamilial (hubungan ke luar). Ketiga, teori kesejahteraan keluarga untuk mengukur indikator kesejahteraan buruh pabrik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitiaan kualitatif, dengan subjek keluarga buruh pabrik yang terdiri dari isteri pekerja buruh pabrik, suami yang memiliki waktu lebih banyak dirumah dan anaknya yang berusia minimal usia Sekolah Dasar. Sedangkan yang menjadi objek penelitiaan ini adalah proses Peran Gender dalam Strategi Koping untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Buruh pabrik di Desa Waluya Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung Jawa Barat. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses peran gender sebagai landasan dalam bentuk upaya stategi koping demi meciptakan keluarga yang sejahtera. Hasil penelitiaan menunjukan bahwa proses peran gender dalam hubungan suami dan isteri mengalami peralihan dan penggandaan peran. Uniknya, peran perempuan dalam rumah tangga sedikit mendominasi dengan keterlibatannya dalam dua sektor yakni Publik dan Domestik, tetapi pembagian peran dan tugas masing-masing anggota keluarga sudah berjalan dengan adanya konsep relasi equilibrium yang menekankan pada kemitraan dan keharmonisan dalam menerapkan staregi koping untuk menciptakan keluarga sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran gender, koping, kesejahteraan keluarga.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Jan 2019 08:15
Last Modified: 31 Jan 2019 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32866

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum