KAJIAN TEORITIS PENGGUNAAN TURUNAN ASAM SIANO SEBAGAI GUGUS AKSEPTOR ELEKTRON PADA SIANIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC)

Muhammad Nur Maulidin Mahmud, NIM. 13630021 (2018) KAJIAN TEORITIS PENGGUNAAN TURUNAN ASAM SIANO SEBAGAI GUGUS AKSEPTOR ELEKTRON PADA SIANIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN TEORITIS PENGGUNAAN TURUNAN ASAM SIANO SEBAGAI GUGUS AKSEPTOR ELEKTRON PADA SIANIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC))
13630021_BAB I_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN TEORITIS PENGGUNAAN TURUNAN ASAM SIANO SEBAGAI GUGUS AKSEPTOR ELEKTRON PADA SIANIDIN SEBAGAI SENYAWA DYE SEL SURYA TERSENSITASI (DSSC))
13630021_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kajian teoritis penggunaan turunan asam siano sebagai gugus akseptor elektron pada sianidin sebagai senyawa dye sel surya tersensitasi (DSSC) telah dilakukan berdasarkan parameter energi HOMO-LUMO, lokalisasi elektron LUMO, spektra, efisiensi penyerapan cahaya, konstanta kopling, dan panjang ikatan sensitizer dengan TiO2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asam sianoasetat, benzothiadizol sianoakrilik, asam sianovinil, dan asam sianosinamik sebagai akseptor elektron terhadap karakteristik fotoelektrik sianidin dan menentukan turunan asam siano yang dapat menghasilkan karakteristik fotoelektrik sianidin lebih baik berdasarkan parameter energi HOMO-LUMO, lokalisasi elektron LUMO, spektra, efisiensi penyerapan cahaya (light harvesting efficiency), konstanta kopling (VRP), dan panjang ikatan sensitizer dengan TiO2. Penelitian ini diawali menggambar struktur dengan avogadro, kemudian optimasi molekul menggunakan metode DFT dan TDDFT dengan basis set 6.311G*. Untuk parameter HOMO-LUMO digunakan metode yang sama dengan teknik analisis menggunakan ECCE. Parameter lokalisasi elektron LUMO menggunakan metode yang sama, namun teknik analisis menggunakan ECCE. Spektra menggunakan metode DFT, menggunakan teknik analisi menggunakan Chemcraft. Parameter efisiensi penyerapan cahaya menggunakan metode DFT dan TDDFT dengan teknik analisis menghitung menggunakan persamaan yang ada. Parameter konstanta kopling menggunakan metode yang sama, teknik perhitungan menggunakan persamaan energi senyawa dye pada kondisi HOMO, LUMO dan energi TiO2. Parameter panjang ikatan sensitizer dengan TiO2 menggunakan metode DFT dengan teknik analisis avogadro. Sianidin sianoasetat menjadi modifikasi terbaik berdasarkan parameter energi HOMO LUMO dengan hasil -4,569 dan -1,01 eV. Pada parameter lokalisasi elektron, modifikasi terbaik dihasilkan pada sianidin sianoasetat dengan pola elektron berpusat pada gugus sianoasetat. Parameter spektra menghasilkan modifikasi terbaik yaitu sianidin sianoasetat dengan panjang gelombang 378,811 nm dengan kekuatan osillator 0,633. Parameter efisiensi penyerapan cahaya menghasilkan modifikasi terbaik pada sianidin sianoasetat dengan nilai sebesar 0,767. Parameter konstanta kopling, modifikasi terbaik adalah sianidin benzothiadizol sianoakrilik dengan nilai -0,269. Modifikasi terbaik pada parameter panjang ikatan sensitizer dengan TiO2 adalah sianidin sianoasetat dengan panjang ikatan sebesar 1,926 Å

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sudarlin, M.Si
Uncontrolled Keywords: benzothiadizol sianoakrilik, DFT, DSSC, efisiensi penyerapan cahaya, HOMO-LUMO, konstanta kopling, lokaslisasi LUMO, panjang ikatan, sianidin, sianoasetat, sianosinamik, sianovinil, dan TD-DFT.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Feb 2019 11:28
Last Modified: 06 Feb 2019 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum