Ahdath al kalam fi al qissah al dalil li ta'ah li Najib Mahfuz (dirasah tahliliyyah 'inda nazadarathu speaking li Dell Hymes )

Niswatun Azizah, NIM. 11110108 (2018) Ahdath al kalam fi al qissah al dalil li ta'ah li Najib Mahfuz (dirasah tahliliyyah 'inda nazadarathu speaking li Dell Hymes ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Ahdath al kalam fi al qissah al dalil li ta'ah li Najib Mahfuz (dirasah tahliliyyah 'inda nazadarathu speaking li Dell Hymes ))
11110108_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Ahdath al kalam fi al qissah al dalil li ta'ah li Najib Mahfuz (dirasah tahliliyyah 'inda nazadarathu speaking li Dell Hymes ))
11110108_BAB-II_sampai_BAB_SEBELUM_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan tetang peristiwa tutur yang terajadi pada masyarakat tutur yang berlapis, oleh karena itu ada perbedaan gaya bahasa pada setiap peristiwa tutur yang terjadi. Oleh karena itu, melalui cerpen “دليل التّا ئة ” Najib Kailani memaparkan setiap peristiwa tutur yang terjadi pada kehidupan muhammad bakri dalam mencapai obsesinya menjadi penulis. Dalam skripsi ini, peneliti menggunakan analisis SPEAKING Dell Hymes, yaitu menjabarkan peristiwa tutur dengan 8 komponen yaitu,(a) Setting and Scene yaitu tempat dan waktu terjadi tuturan dalam hal ini ada Desa Asyiuth, desa yang disebut rumah mereka di Kairo, stasiun radio dan berakhir pada suatu daerah bernama abasiyah,(b) Participants yaitu meliputi penutur dan petutur pada cerpen ini yaitu Muhammad Bakri, Istri Muhammad Bakri, kedua anak Muhammad Bakri dan redaktur penerbit di Kairo,(c)Ends yaitu maksud dan tujuan suatu tuturan seperti kepindahan ke Mesir, pengakuan kehormatan, dan membicarakan tentang penerbitan karya sastra,(d) Act Sequence yaitu mengacu pada bagaimana suatu ح informasi disampaikan dalam cerpen ini dengan kedua cara yaitu, langsung dan tak langsung, tergantung dengan siapa penutur melakukan ujaran. Saat dengan istrinya maka muhammad bakri menyampaikan bentuk pesannya secara langsung. Sementara redaktur menyampaikan pesannya secara tidak langsung,(e) Key yaitu ekspresi penutur dan petutur pada saat suatu pembicaraan berlangsung dalam cerpen ini ekspresi yang ditampian adalah Seperti dengan cara santai, angkuh, dan meremehkan,(f) Instrumentalitie yaitu jalur bahasa yang digunakan, pada cerpen ini yang digunakan adalah jalur lisan dengan tatap muka atau langsung, (g)Norm yaitu aturan-aturan sosial yang berkaitan dengan peristiwa tutur yang terjadi pada cerpen “salah arah” mengunakan norma interaksi, (h)Genre yaitu jenis dari kejadian disini menggunakan percakapan antar penutur. Kata kunci: sosiolinguistik, peristiwa tutur, SPEAKING

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hisyam Zaini
Uncontrolled Keywords: sosiolinguistik, peristiwa tutur, SPEAKING
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 May 2019 08:48
Last Modified: 23 May 2019 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum