EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DIPADUKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Hartanto, NIM. 11600015 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DIPADUKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DIPADUKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA)
11600015_BAB-I_V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DIPADUKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA)
11600015_BAB-II_sampai_SEBELUM TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dipadukan dengan metode pembelajaran TGT (Team Game Tournament) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs N 6 Sleman. Perlakuan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CIRC dipadukan dengan metode TGT dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dipadukan dengan metode pembelajaran TGT (Team Game Tournament), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di MTs N 6 Sleman tahun ajaran 2017-2018, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pemberian pretest dan posttest. Instrumen tes yang digunakan disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t terhadap nilai n-gain hasil tes pemahaman konsep matematika. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dipadukan dengan metode pembelajaran TGT (Team Game Tournament) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika. Kesimpulan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian ini bahwa rata-rata N-gain kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dipadukan dengan metode pembelajaran TGT lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Khurul W., M.Si
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, CIRC, TGT, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Feb 2019 11:45
Last Modified: 07 Feb 2019 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32951

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum