PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMA/ MA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK TRIGONOMETRI

Ina Rosliana, NIM. 14600001 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMA/ MA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK TRIGONOMETRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMA/ MA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK TRIGONOMETRI)
14600001_BAB-I_IV_atau V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMA/ MA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK TRIGONOMETRI)
14600001_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research andDevelopment). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD matematikadengan model learning cycle 7E berbantuan mind mapping yang berkualitas untukmemfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA/ MA pada materi pokok trigonometri.Model pengembangan menggunakan model prosedural, dengan prosedurpengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari prosedur pengembanganBorg dan Gall. Langkah-langkah dalam prosedur pengembangan tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal;(3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5)uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputilembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKPD, lembar soal test, dan lembarskala respon peserta didik.Berdasarkan penilaian ahli diperoleh bahwa kualitas LKPD matematikamendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase 93,43%. Berdasarkan nilai post-test diperoleh bahwa sebanyak 86,67% peserta didik yang mengikuti post-testkemampuan pemahaman konsep dan 83,33% peserta didik yang mengikuti posttestkemampuan berpikir kreatif mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), sehingga telah berhasil memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif peserta didik pada materi pokok trigonometri. Selain itu, respon peserta didik terhadap LKPD matematika dengan model learning cycle 7E berbantuan mind mapping mendapatkan respon positif dengan persentase 78,78%. Oleh karena itu, LKPD matematika dengan model learning cycle 7E berbantuan mind mapping pada materi pokok trigonometri kelas X SMA/ MA dikatakan berkualitas dan dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif berdasarkan kriteria ketercapaian valid, efektif, dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi, M.Sc. dan Ibu Sri Utami Zuliana, Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Learning Cycle 7E, Mind Mapping, Pemahaman Konsep, Berpikir Kreatif.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Feb 2019 13:29
Last Modified: 07 Feb 2019 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32956

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum